3 Rudal Balistik Korea Utara Ditembakkan ke Laut Jepang

Rudal-Balistik-Korsel

VOA-ISLAMNEWS.COM, KOREA – Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menembakkan tiga rudal balistik dari wilayah barat ibukota Pyongyang ke Laut Jepang.

Kantor Korea Selatan dari Kepala Staf Gabungan mengatakan bahwa rudal ditembakkan pada hari Senin, namun tidak ada rincian lebih lanjut yang tersedia dalam pernyataan itu.

Peluncuran rudal diduga dilakukan beberapa jam setelah pemimpin Korea Selatan dan China bertemu di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin dari negara-negara G20 di kota Hangzhou.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengatakan pada pertemuan dengan mitranya dari China Xi Jinping bahwa Pyongyang uji coba nuklir dan rudal menimbulkan tantangan untuk hubungan Seoul dengan Beijing.

Dia mengatakan Pyongyang “memprovokasi” perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan di Asia Timur, menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap.

Hubungan antar-Korea telah tegang setelah keputusan akhg ir yan dibuat pada bulan lalu untuk menyebarkan Terminal rudal High Altitude sistem di Area Defense (THAAD) di wilayah Korea Selatan.

China, yang merupakan sekutu utama Pyongyang, telah berulang kali memperingatkan bahwa itu akan mengambil tindakan terhadap penyebaran THAAD di basis selatan Seoul.

Beijing menegaskan sistem akan mengancam keamanan dan stabilitas di Semenanjung Korea dan menempatkan aset militer China dalam kisaran radar AS. Ia telah meminta Seoul untuk “berpikir dua kali” tentang keputusannya.

Washington dan Seoul, bagaimanapun, mengklaim sistem hanya akan digunakan dalam menghadapi apa yang mereka sebut ancaman Korea Utara.

THAAD yang rencananya akan dipasang pada akhir tahun depan, telah dirancang untuk mencegat rudal balistik dalam atau di luar atmosfer. [Voai]

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment