6 Alasan Amerika Tak Serang Suriah

Minggu, 19 Juni 2016

AMERIKA, VOA-ISLAMNEWS.COM  Bertepatan dengan desakan 51 diplomat AS kepada Obama untuk melangsungkan perang dengan pemerintah Suriah, sebuah situs berita Rusia mengungkap “alasan utama” Amerika Serikat untuk menolak opsi militer terhadap Bashar Assad.

Sebelumnya, puluhan pejabat Departemen Luar Negeri AS telah menyerukan serangan militer terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. Mereka menandatangani sebuah dokumen internal yang menyerukan serangan militer yang menargetkan Assad, menurut Wall Street Journal. Dokumen internal yang disebut “dissent channel cable” itu ditandatangani oleh 51 pejabat yang terlibat dalam memberi nasihat tentang kebijakan AS terhadap Suriah dalam berbagai kapasitas. (Baca juga: 51 Diplomat AS Desak Obama Lakukan Serangan Militer Terhadap Bashar Assad)

Situs berita Russia Today dalam sebuah artikelnya menyebutkan 6 alasan yang menyebabkan Amerika Serikat tidak akan gegabah mengambil opsi militer terhadap Suriah.

Berikut 6 alasan penting AS;

Kongres

Sesuai amanat undang-undang Amerika, pemerintah Obama tanpa persetujuan dari Kongres tidak dapat mengambil tindakan militer di Suriah. Jika Obama tetap bersikeras mengambil langkah itu, maka Kongres bisa mencopot Obama dari jabatannya.

Dewan Keamanan PBB

Aksi militer terhadap negara yang berdaulat dan Presiden yang secara sah terpilih tanpa mandat dari Dewan Keamanan PBB adalah agresi dan pelanggaran terhadap hukum internasional. Tentu hal ini akan menjadi pukulan besar bagi AS yang tidak dapat memperbaiki kedudukannya di mata internasional. Meskipun Amerika berkali-kali menunjukan sikap angkuhnya yang tidak menghargai opini masyarakat internasional.

Rezim Zionis Israel

Setiap invansi militer yang diambil Amerika terhadap Suriah akan memaksa Damaskus melakukan serangan balasan terhadap sekutu utama AS di kawasan, yakni Zionis Israel. Dengan demikian bencana perang baru akan muncul baik di dalam Suriah maupun di luar negara itu. Sementara Netanyahu telah mengancam dua tahun lalu, jika negaranya terkena dampak sekecil apa pun dari serangan militer maka ia akan membalas dengan serangan besar-besaran.

Kerugian Besar

Menurut informasi yang dipublikasikan oleh media menyatakan bahwa militer Suriah masih memiliki persenjataan moderen dan canggih, yang mampu menghancurkan kapal perang AS. Selain itu, jika Amerika menghadapi kerugian besar di Suriah, baik dari sisi militer maupun finansial, maka hal ini akan membangkitakan kemarahan rakyat Amerika yang akan mengancam stabilitas negara itu.

Hizbullah

Jika Amerika tetap mengambil opsi militer terhadap Bashar Assad, maka gerakan perlawanan Hizbullah dengan seluruh kemampuannya akan membela pemerintah Suriah, dan mungkin saja perang akan menjadi luas dengan menyeret rezim Zionis. (Baca juga: Ini Reaksi Rusia atas Kampanye Serangan Militer AS Terhadap Assad)

Rusia dan China

Invansi Amerika di Suriah mungkin saja akan menyebabkan militer AS berhadapan langsung dengan militer Rusia, bahkan akan menyebabkan hubungan AS dan Cina dalam dalam kondisi paling kritis hingga menciptakan perang dunia ketiga. Dengan alasan inilah Obama tidak akan mengambil opsi militer terhadap pemerintah Suriah. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment