AL Italia Advokasi 6000 Migran di Perairan Libya

refugees-e1469978780982.jpg

Senin, 1 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, ROMA – Angkatan Laut Italia pada hari Minggu (31/07)mengatakan telah menemukan mayat dua orang dalam sebuah operasi yang menyelamatkan sekitar 6.000 migran sejak hari Kamis lalu.

“Kapal Angkatan Laut yang berpatroli di lepas pantai Libya turun tangan untuk membantu empat perahu karet dan perahu nelayan yang penuh sesak,” demikian bunyi pernyataan AL Italia sebagaimana dikutip the Guardian, Minggu (31/07), menambahkan bahwa dalam satu operasi oleh kapal Vega, “lima migran dijemput dari laut, tiga orang diresusitasi dan dua lainnya sudah mati.” (Baca juga:UNICEF: 9 dari 10 Pengungsi Anak di Italia TaK Ditemani Orang Dewasa)

Menurut angka terbaru dari Komisaris Tinggi untuk Pengungsi PBB (UNHCR) – yang diterbitkan pada 28 Juli sebelum gelombang migrasi terbaru, 89.217 orang yang sebagian besar berasal dari sub-Sahara Afrika telah tiba di Italia melalui laut sejak awal tahun ini.

Penghitungan yang sebanding dengan total 93.000, telah dicatat untuk periode Januari-Juli tahun lalu.

Menurut Kantor Migrasi Internasional (IOM), lebih dari 3.000 migran telah meninggal saat berusaha menyeberangi lautan, meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015. (Baca juga:IOM: 1000 Pengungsi Tewas atau Hilang di Laut Mediterania Seminggu Terakhir)

Pada hari Kamis, Italia meluncurkan kampanye di Internet, TV, radio dan media sosial untuk memperingatkan para migran Afrika bahwa banyak bahaya yang nantinya akan mereka hadapi saat berusaha untuk mencapai Eropa.

Kampanye 1,5 juta euro ( 1,66 juta dolar) yang diijuluki “Migran Aware,” menargetkan 15 negara di Afrika Barat dan Utara yang telah menjadi sumber besar dari gelombang migrasi. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment