Amnesty International: Saudi Serang RS Yaman Menggunakan Senjata AS

image143.jpeg

Rabu, 21 September 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, LONDON -Laporan Amnesty International telah mengkonfirmasi bahwa bom buatan AS digunakan dalam serangan terhadap sebuah rumah sakit Yaman pada 15 Agustus lalu, dan AS telah menjual setengah dari produksi senjatanya ke Arab Saudi.

Serangan ini adalah yang keempat pada fasilitas Doctors Without Borders dalam sepuluh bulan terakhir. (Baca juga: Koalisi Sadis “Saudi-Amerika” Hancurkan Rumah Sakit Yaman)

“Setiap serangan pada fasilitas medis di zona perang adalah sebuah penghinaan terhadap kemanusiaan, namun pemboman ini sayangnya hanya yang terbaru dalam serangkaian potret suram serangan terhadap rumah sakit dan klinik oleh koalisi pimpinan Saudi Arab,” ungkap Philip Luther, Direktur Penelitian dan Advokasi Timur Tengah dan Afrika Utara di Amnesty International, dalam siaran pers resminya. (Baca juga: Saudi Bombardir Rumah Sakit Pasca Habisi Anak-anak di Sekolah Yaman)

“Serangan yang disengaja pada rumah sakit dan fasilitas medis merupakan pelanggaran serius terhadap hukum perang dan tidak pernah dapat dibenarkan. Rumah sakit, yang memiliki perlindungan khusus di bawah hukum kemanusiaan internasional, harus menjadi tempat yang aman bagi pengobatan dan pemulihan, “tambahnya.

“Ini keterlaluan bahwa AS telah terus memasok koalisi pimpinan Saudi Arab dengan senjata, termasuk roket dan pesawat tempur, bukti-bukti telah membenarkan bahwa senjata mereka digunakan untuk menyerang rumah sakit dan obyek sipil lainnya serta pelanggaran serius hukum kemanusiaan internasional lainnya”. (Baca juga: Jumat Berdarah di Rumah Sakit Yaman)

Luther menyerukan “embargo komprehensif pada semua senjata yang dapat digunakan oleh salah satu pihak yang bertikai di Yaman,” dan hukuman bagi mereka yang berada di balik serangan itu. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment