Ankara; Rusia Tak Akan Temui Teman yang Lebih Setia dari Turki

PUTIN ERDOGAN

Jum’at, 19 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA  – Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Casuvoglu mengatakan bahwa Moskow tidak bisa menemukan teman yang lebih setia daripada Ankara, dalam wawancaranya dengan kantor berita Sputnik yang dilaporkan pada Kamis (18/08) kemarin.

Menurutnya, Ankara dan Moskow mendiskusikan segala hal secara terbuka dan tanpa prasangka, “termasuk  perbedaan yang ada diantara mereka.” Ia menyebut bahwa prioritas utama dalam hubungan bilateral mereka adalah untuk mencapai tingkat kerjasama yang lebih tinggi. (Baca juga:Ramzan Kadyrov; Turki Akan Sesali Tindakan Liciknya Jatuhkan Jet Tempur Rusia : Video)

“Bagi Turki, Rusia adalah teman di kawasan, dan Rusia tidak akan dapat menemukan teman yang lebih setia daripada Turki,” kata Cavusoglu kepada Sputnik.

Pada November 2015 Turki menembak jatuh jet tempur Su-24 Rusia, yang saat itu sedang dalam misi anti-teror di Suriah. Menyusul insiden itu, hubungan a ntara Rusia dan Turki memburuk, dengan Moskow menuntut Ankara meminta maaf untuk atas insiden tersebut dan membayar ganti rugi kepada negara dan keluarga pilot. (Baca juga:Putin Marah Besar: Jet Tempur Sukhoi SU-24 Ditembak, Ternyata Turki Tusuk Kami dari Belakang)

Pada bulan Juni, hubungan Rusia-Turki mulai mencair setelah Presiden Turki meminta maaf dalam sebuah surat kepada rekan Rusia-nya atas kejadian tersebut dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot yang tewas.

Pekan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan timpalannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan, yang tiba di St. Petersburg untuk pembicaraan pertama untuk memperbaiki hubungan bilateral setelah krisis atas jatuhnya pesawat Rusia. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment