AS Tolak Ucapan “Selamat Tinggal” Duterte

duterte_tantang_obama

Sabtu, 22 Oktober 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, FILIPINA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menuturkan, sudah waktunya mengucapkan selamat tinggal kepada Amerika Serikat (AS). Hal itu disampaikan saat ia melakukan kunjungan kerja ke Beijing, China.

Berbicara di hadapan komunitas Filipina di Beijing, Duterte mengatakan, sudah terlalu lama pasukan AS berada di Filipina. Oleh karena itu, sudah waktunya bagi AS untuk menarik pulang pasukan mereka, dan sudah waktunya menghentikan latihan perang bersama yang menurut Duterte tidak memiliki dampak pada Filipina.

“Anda (pasukan AS) tinggal di negara saya adalah untuk keuntungan Anda sendiri. Jadi, waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal, teman saya,” kata Duterte, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (20/10).

“Tidak akan lagi intervensi dari Amerika. Tidak ada latihan dengan Amerika. Untuk apa (latihan itu dilegelar)?. Saya tidak akan pergi ke Amerika lagi. Saya hanya akan mendapatkan pernghinaan di sana,” tambahnya.

AS Tolak Cerai Dengan Filipina

Amerika Serikat (AS) akan tetap menjaga komitmen aliansi dengan Filipina, bahkan setelah Presiden Rodrigo Duterte mengumumkan perpisahannya dengan Washington. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertahan AS, Ash Carter.

Ditanya tentang deklarasi Duterte bahwa ia telah rujuk dengan China, Carter mengatakan: “Kami memiliki komitmen aliansi penting dimana kami berniat untuk menjaga di Filipina,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/10/2016).

“Tak pelak lagi setiap hubungan adalah sebuah kebersamaan dan kami akan terus mendiskusikan hal tersebut dengan rekan-rekan kami dari Filipina. Itu bukanlah hal yang baru saat ini, tetapi hubungan aliansi kami dengan Filipina akan tetap,” katanya.

Ditanya tentang deklarasi Duterte bahwa ia telah rujuk dengan China, Carter mengatakan: “Kami memiliki komitmen aliansi penting dimana kami berniat untuk menjaga di Filipina,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/10/2016). [VOAI]
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment