Badan Meteorologi Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami Pasca Dilanda Gempa

safe_image-php-e1479948877722.jpg

Kamis, 24 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, FUKUSHIMA – Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarakan peringatan tentang kemungkinan terjadinya gelombang tsunami di bagian timur laut negara itu setelah gempa 6,1 magnitude terjadi dini hari tadi. Tidak ada korban luka maupun kerusakan dilaporkan dari tempat kejadian.

Gempa bumi 6,1 Skala Ritcher melanda timur laut Jepang pada dini hari Kamis (24/11). Tremor bawah tanah terasa di 17 prefektur, termasuk Fukushima, Miyagi, Iwate dan Tokyo. Dinding juga terasa bergetar di cabang kantor berita TASS di Tokyo.

Gempa hari ini terjadi di tempat yang sama seperti gempa sebelumnya yang berkekuatan 7.4 magnitude dua hari yang lalu. Badan Meteorologi Jepang memperingatkan kemungkinan adanya lebih banyak tremor bawah tanah di wilayah tersebut pada minggu ini.

Sebelumnya gempa bumi 7,4 Skala Ritcher melanda timur laut prefektur Jepang Fukushima pada hari Selasa pukul 05:59 waktu setempat. Badan Meteorologi Jepang (JAM) mengatakan pusat gempa terletak di kedalaman 25 kilometer di sebelah timur prefektur.JAM juga telah memperingatkan bahwa gempa bisa disusul ancaman tsunami, dan gelombang tsunami dapat mencapai hingga tiga meter.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengeluarkan pesan bahwa tsunami juga berpotensi melanda wilayah lain dari kawasan Pasifik.”Ancaman tsunami untuk bagian lain dari yang kawasan Pasifik yang dekat dengan gempa,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Menurut pusat itu, negara bagian Hawaii, AS, tidak terancam tsunami akibat gempa Jepang ini.

Kantor berita NHK, sebelumnya mengeluarkan peringatan kepada warga di kawasan pantai Fukushima untuk segera meninggalkan kawasan pantai. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment