Bahas Diplomasi Udara, KSAU se-ASEAN Digelar di Yogyakarta

KSAUseASEAN

Selasa, 06 september 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, Sleman – Hari ini Yogyakarta menggelar ASEAN Air Chief Conference (AACC) ke-13. Acara yang dihadiri pejabat Kepala Staf Angkatan Udara se-ASEAN ini mengusung  tema ASEAN Air Diplomacy to Maintain Regional Pece and Security.

“Tema yang diusung AACC ke-13 tahun 2016 ini Diharapkan para pejabat KSAU se-ASEAN bisa berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman,” ujar Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya.

Hal ini disampaikan kepada wartawan oleh Jemi di lokasi acara di Hotel Ambarrukmo, Sleman, Selasa (6/9/2016). Saling berbagi pengalaman dan informasi terhadap perlunya meningkatkan diplomasi Angkatan Udara ASEAN dalam bentuk kerjasama di berbagai bidang sedini mungkin.

ASEAN Air Diplomacy, kata Jemi, diharapkan dapat berkontribusi dalm menjadikan kawasan ini aman dan damai.

“(ASEAN) Dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis akhir-akhir ini, sebagi contoh perkembangan Laut Tiongkok Selatan,” imbuhnya.

Tujuan forum ini juga untuk menyamakan visi, persepsi, dan interpretasi dalam pelaksanaan tugas, termasuk melakukan upaya menanggulangi beberapa permasalahan yang dihadapi kawasan ASEAN.

“Mengembangkan dan memperdalam hubungan yang bersifat strategis dengan berbagai cara di antaranya pertukaran perwira, bilateral meeting, pendidikan, latihan dan lain sebagainya,” ulasnya.

Tak hanya itu, upaya yang diharapkan bisa terwujud adalah membuat dan menyelaraskan SOP dalam pengendalian ancaman secara cepat.

Sedangkan output yang diharapkan dari pertemuan ini adalah dapat mengembangkan kerjasama pada bidang Patroli Maritim. Hal ini untuk mendukung kebijakan poros Maritim Dunia.

Tak hanya itu, forum ini diharapkan dapat mewadahi secara formal kerangka kerjasama Angkatan Udara ASEAN dengan semakin mengembangkan Person to Person Engagement.

“Berupa pertukaran pendidikan, pertukaran kunjungan, Bilateral Friendship Activity, Latihan atau operasi dan lain sebagainya dalam konteks multilateral,” kata Jemi. (Voai)

Sumber: Detiknews

Related posts

Leave a Comment