BANGKRUT!!! Menteri Keuangan Arab Saudi Dipecat

al-assaf.jpg

Selasa, 1 November 2016

VOA-ISLAMHNEWS.COM, RIYADH – Arab Saudi telah memecat Menteri Keuangan di tengah langkah-langkah untuk mengatasi masalah ekonomi kerajaan yang semakin parah.

Ibrahim Abdulaziz al-Assaf “telah dihapus dari jabatannya”, demikian bunyi dekrit kerajaan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Saudi, SPA, Senin (31/10) kemarin. (Baca juga: Pejabat Senior Saudi Peringatkan Kerajaan Benar-benar Diambang Kebangkrutan)

Dekrit ini mencatat bahwa Assaf, yang menjabat sejak tahun 1996, telah digantikan oleh Mohammed Aljadaan, kepala Otoritas Pasar Modal yang bertugas mengatur pasar saham kerajaan.

Pemecatan Assaf terjadi saat Riyadh tengah berurusan dengan perjuangan ekonomi akibat defisit anggaran hampir 100 miliar dolar yang disebabkan oleh penurunan tajam harga minyak serta meningkatnya pengeluaran militer, dimana sejumlah besar pengularan militer disalurkan dalam kampanye melawan Yaman. Kampanye tersebut sudah mengakibatkan 10.200 orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka. (Baca juga:Raja Salman Keluarkan “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Saudi juga terpaksa harus memperkenalkan serangkaian langkah-langkah penghematan yang mencakup membatalkan beberapa bonus yang ditawarkan kepada karyawan negara dan meningkatnya biaya visa masuk bagi warga dan orang asing. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment