Bantahan China Atas Tuduhan “Lecehkan Obama”, Tidak Disambut Karpet Merah di Bandara

obama c
 Rabu, 07 September 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, CHINA – Pemerintah China menyalahkan Amerika Serikat dan mengatakan kepada wartawan, dalam perselisihan yang terjadi di bandara China dimana pejabat China dan AS saling mengeluarkan komentar tajam, ketika Presiden AS Barack Obama turun dari pesawatnya.

China membantah telah melecehkan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama setelah media-media Barat menuduh Beijing tidak menyambut Obama dengan karpet merah saat mendarat di Hangzhou. China mengklaim pihak AS yang menolak tawaran karpet merah untuk Obama. (Baca juga: China Sengaja Hinakan Obama)

Juru bicara Kementrian Luar Negeri China Hua Chunying mengeluarkan bantahan sebagai respon dari pertanyaan, apakah China yang menjadi tuan rumah G-20 KTT di kota Timur Hangzhou, telah sengaja untuk tidak memberikan tangga bergulir ke pesawat presiden Obama, yang akhirnya mengangkat isu penghinaan diplomatik?.

Chunying berkata kepada wartawan, senin (05/09), “Saya berpikir jika pihak Amerika benar-benar menghormati aturan yang telah disepakati dengan China pertama kali, hal ini tidak mungkin terjadi”, seperti dikutip kantor berita Reuters. (Baca juga: Insiden Memalukan Saat Kedatangan Obama di China untuk KTT G20)

”China memberikan tangga bergulir untuk setiap pemimpin negara yang tiba, tetapi pihak AS mengeluh bahwa seorang sopir tidak berbicara bahasa Inggris dan tidak bisa memahami instruksi keamanan dari AS,” kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China kepada South China Morning Post.

“Sehingga China mengusulkan bahwa kami bisa menyediakan penerjemah untuk duduk di samping driver, tetapi pihak AS menolak usulan tersebut dan bersikeras bahwa mereka tidak membutuhkan tangga yang disediakan oleh bandara,” kata pejabat yang menolak diidentifikasi itu, yang dikutip Rabu (7/9/2016).

Juru bicara Hua Chunying justru bertanya-tanya mengapa China harus dengan sengaja membuat masalah dengan Amerika Serikat?, ia menambahkan bahwa insiden itu bukan masalah besar, dan komentar serupa juga dilontarkan oleh Presiden Barack Obama pada hari minggu (04/09). (Baca juga: “JEBAKAN MADU” Inggris Minta Delegasinya Waspada Hadapi Mata-mata Cantik China di KTT G20)

Seorang pejabat keamanan China menghentikan Penasehat Keamanan Nasional AS, Susan Rice, dan berteriak di hadapan pejabat AS yang lain yang berusaha membantu tim pers Gedung Putih untuk mendekati Obama.

Chunying mengkritik tim pers AS karena tidak menghormati aturan keamanan China tentang tempat-tempat yang diperbolehkan untuk berdiri dan mengambil gambar Presiden AS Barack Obama saat ia turun dari pesawat. Ia menambahkan bahwa tim pers negara-negara lain telah bertindak sesuai aturan. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment