Bebaskan Mosul dari ISIS, Relawan Kristen Gabung Tentara Irak dan Peshmerga

umat-kristiani

VOA-ISLAMNEWS.COM, BAGHDAD – Penduduk Mosul yang memeluk agama Kristen telah ikut aktif dan berpartisipasi dalam operasi pembebasan Mosul bersama pasukan Iraq dan Peshmerga. Dan saat ini telah dibentuk unit militer khusus bagi para relawan Kristen. (Baca: ISIS Jual Properti Kristen di Pelelangan)

Kantor berita Sputnik telah bertemu dengan salah satu perwakilan komunitas Kristen yang bernama Bahaa Arzan Aso yang mengungkapkan bagaimana cara organisasi teroris ISIS memperlakukan warga Kristen di Mosul. Aso mengatakan, “orang-orang Kristen di Mosul telah banyak menderita karena ISIS”. Organisasi teroris ISIS telah menyiksa orang-orang Kristen dan memenjarakan mereka hingga membakar mereka hidup-hidup di dalam gereja-gereja. Bahkan beberapa gereja telah dibom dengan berbagai ranjau. Selain itu, pada oktober 2004 lalu para teroris telah menghancurkan sejumlah besar gereja di desa Bartella dan Hamdania di timur Mosul. Dan mereka telah membuat ribuan warga Kristen di daerah Mosul dan sekitarnya serta daerah Erbil mereka melarikan diri dan meninggalkan tempat tinggal mereka. (Baca: Potret Kekejaman Daulah Ala ISIS)

Aso juga mengatakan bahwa warga Kristen sangat menderita pada saat ISIS berkuasa, sebagaimana penderitaan mereka di masa Saddam Husein. Dimana mereka harus mengikuti politik diskriminai Saddam dan berbagai tekanan yang terus menerus diarahkan kepada warga Kristen di Iraq. Dan para militan ISIS telah melakukan hal yang sama ketika mereka mengambil alih dan menguasai Mosul. Puluhan orang Kristen bahkan melarikan diri ke Kurdistan dan Baghdad, dan sebagian yang lain terpaksa pindah ke Amerika, Kanada, Jerman dan Perancis, seperti dilansir Addiyar.com (12/11).

Sebelumnya, populasi warga Kristen di Iraq mencapai 3 juta orang akan tetapi ketika Saddam Husein mulai berkuasa dan menangkap mereka, maka warga Kristen mulai berimigrasi secara besar-besaran dan setelah itu digantikan dengan ISIS. Aso menjelaskan bahwa warga Kristen saat ini telah ikut berpartisipasi dalam operasi pembebasan Mosul beresama pasukan Iraq dan Peshmerga. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment