China Dukung Rusia Memveto Resolusi PBB Terkait Sanksi Suriah

Rabu, 01 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, NEW YORK – Rusia dan China, pada hari Selasa (28/03) memveto resolusi PBB usulan Barat yang akan memberlakukan sanksi terhadap Suriah atas tuduhan penggunaan senjata kimia. Ini adalah bentrokan pertama di Dewan Keamanan sejak Presiden AS Donald Trump menjabat.

AFP melaporkan bahwa Veto kembar ini datang seiring dengan tidak adanya tanda-tanda kemajuan pembicaraan damai di Jenewa untuk mengakhiri perang selama hampir enam tahun di Suriah.

Ini adalah ketujuh kalinya Rusia, telah menggunakan hak vetonya. China telah mendukung Moskow dengan menggunakan hak vetonya sebanyak enam kali di Suriah.

Presiden Rusia Vladimir Putin menjelang pemungutan suara telah memperingatkan bahwa menjatuhkan sanksi terhadap Suriah adalah “benar-benar tidak pantas” sementara pembicaraan sedang berlangsung di Jenewa untuk mengakhiri perang.

Resolusi yang dirancang oleh Inggris, Perancis dan Amerika Serikat itu memenangkan sembilan suara mendukung, sementara tiga negara menentangnya – Bolivia, Cina dan Rusia. Mesir, Ethiopia dan Kazakhstan abstain.

Resolusi PBB membutuhkan sembilan suara positif dan tidak ada veto untuk diadopsi.(Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment