Cuitan Edward Snowden Penuh ‘Misteri’

snowden

Jum’at, 12 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Cuitan tak jelas yang dikeluarkan akun whistleblower Edward Snowden memicu kekhawatiran atas keselamatan fisiknya, catatan untuk transaksi bitcoin dalam jumlah “0.000911” menimbulkan beberapa pertanyaan apakah angka-angka itu adalah sinyal kondisi bahaya yang ia tunjukkan lewat dunia maya. Hal ini dilaporkan kantor berita Sputnik pada Jum’at (12/08).

Cuitan tak jelas Edward Snowden yang terdiri dari 64 karakter kode hex pada hari Jumat lalu, sebelumnya menyebabkan banyak pertanyaan apakah pesan itu “pesan orang mati,” yaitu sebuah pesan otomatis yang ditetapkan untuk rilis jika pengguna dibunuh atau ditangkap, yang karenanya akan mendorong teman-teman dan wartawan untuk merilis dokumen-dokumen.

Spekulasi segera bermunculan, termasuk dari wanita yang mengaku pacar sang whistleblower, dimana ia mengatakan bahwa Snowden telah dibunuh, sementara yang lain berspekulasi bahwa cuitan berisi kode enkripsi yang dengan cepat dihapus itu, adalah sinyal bahwa ia masih hidup dan sehat

Sebelumnya kekhawatiran atas nasib sang whistleblower ini sudah mereda Sabtu lalu ketika wartawan Glenn Greenwald merespons pertanyaan melalui Twitternya mengenai keselamatan Snowden, dengan mengatakan bahwa, “dia baik-baik saja.”

Namun begitu, misteri masih meliputi Snowden, yang akunnya tidak aktif selama lebih dari 160 jam, jangka waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk juara vokal kebebasan sipil itu, setelah cuitannya yang penuh misteri, yang didahului dengan pesan sama samar, seperti “ini saatnya,” beberapa hari sebelumnya.

Detektif internet di Reddit percaya bahwa mereka mungkin telah memecahkan apa yang sedang Snowden coba sampaikan kepada masyarakat, sebuah pesan yang pasti akan menimbulkan gelombang baru demi menyelamatkan manusia yang bertanggung jawab atas kebocoran dokumen paling substansial dalam sejarah AS tersebut.

Pengguna Bobanaut, pada subreddit bitcoin, menguji pesan Snowden sebagai hash kunci pribadi pada blockchain bitcoin, yang ditelusuri melalui transaksi antara dua alamat, pada hari Minggu. Login pada transaksi dengan jumlah 0.000911 BTC, menunjukkan bahwa Snowden menggunakan cryptocurrency untuk menyampaikan sinyal 911 secara samar, dan itu adalah nomor telepon darurat yang digunakan di Amerika Serikat.

“Saya pikir jumlah transaksi 0.000911 BTC bisa jadi adalah panggilan untuk meminta bantuan,” demikian pendapat Bobanaut. Komentator lain menunjukkan statistik ketidakmungkinan bahwa kode 64-karakter hex yang digunakan oleh Snowden merupakan hash yang tidak disengaja dalam transaksi bitcoin.

Bobanaut menunjukkan bahwa cuitan Snowden ini disampaikan olehnya sebagai sinyal marabahaya atau jika tidak, maka disampaikan oleh aktor lain, yang menggunakan bakat mereka untuk menebar kebingungan massa sebagai bagian dari eksploitasi untuk troll internet, menciptakan kunci hash Snowden dalam transaksi bitcoin.

Kebanyakan orang, bagaimanapun, hanya ingin memastikan bahwa pahlawan anti-mata-mata itu masih hidup. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment