Diduga Terlibat dalam Gerakan Gulen, Turki Perintahkan Tangkap 80 Pengacara

Jum’at, 24 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA – Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 80 pengacara, yang mewakili orang-orang yang dituduh memiliki hubungan dengan gerakan ulama Islam Fethullah Gulen. Gulen dituduh Ankara mendalangi kudeta Juli2016. Media setempat melaporkan hal ini pada hari Kamis (23/03).

“Dari jumlah tersebut, 35 diantaranya telah ditahan dalam penggerebekan polisi di seluruh negeri,” ungkap portal media the Turkish Minute.

Para pengacara yang mewakili tersangka dituduh memiliki hubungan dengan gerakan teroris, termasuk mantan Manajer Umum TV Samanyolu, Hidayet Karaca, dan Ketua Koza Ipek Holdings, Akin Ipek, serta sejumlah petugas polisi yang telah dipenjara, yang sedang dalam tuntutan.

Kudeta gagal pada tanggal 15 Juli, 2016, meninggalkan 248 orang tewas dan ribuan orang terluka. Menyusul upaya kudeta tersebut, otoritas Turki menangkap lebih dari 41.000 orang dan memecat atau menangguhkan lebih dari 135.000 orang. Banyak dari mereka adalah guru, pegawai negeri dan wartawan. Ankara percaya bahwa Gulen dan pendukungnya berusaha untuk menggulingkan pemerintah saat ini dengan kudeta.

Gulen telah tinggal di negara bagian Pennsylvania, AS, dari sejak tahun 1999. Ia sendiri membantah tuduhan keterlibatan dan mengutuk kudeta. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment