Diduga Terlibat Gerakan Gulen, Dua Mahasiswi Indonesia Ditangkap di Turki

Dua Mahasiswi ditangkap di Turki

VOA-ISLAMNEWS.COM, ANKARA – Dua mahasiswi asal Indonesia dilaporkan telah ditangkap oleh otoritas Turki. Keduanya ditangkap karena diduga terlibat kelompok yang dipimpinan Fethullah Gulen.

Gulen yang sudah lama tinggal di Amerika Serikat (AS) dituduh Pemerintah Turki sebagai salah satu dalang upaya kudeta militer pada 15 Juli 2016 lalu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Arrmanatha Christiawan Nasir, mengatakan bahwa pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Turki, sedang berusaha untuk menemui kedua mahasiswi Indonsia itu.

“Memang ada dua lagi yang ditahan di Kota Daura. Kita sudah dapat info. KBRI Ankara sudah berusaha bertemu dengan kedua mahasiswi kita,” katanya, pada Kamis (18/8/2016).

“Sampai saat ini masih dalam tahap investigasi. KBRI sudah menyampaikan. KBRI sudah menyiapkan pengacara untuk memberi bantuan (pendampingan) hukum,” lanjut dia.

“Kita sudah memanggil kuasa usaha (Charge D’Affairs) Kedutaan Turki untuk menyampaikan keprihatinan terhadap penahanan mahasiswi di Turki yang kebetulan memang mendapat beasiswa dari PASIAD. Saat ini mereka diselidiki sejauh mana terlibat atau dicurigai. Saat ini belum ada informasi indikasi atau informasi keterlibatan mereka,” imbuh Arrmanatha.

Sebelumnya, seorang mahasiswa Indonesia bernama Handika, juga ditangkap otoritas Turkikarena diduga terlibat kelompok yang dipimpin Gulen. Arrmanatha mengatakan, mahasiswa tersebut sedang menunggu jadwal sidang.

“KBRI Ankara telah beberapa kali bertemu di rumah tahanan. Kita telah mendesak jaksa untuk mempercepat proses waktu sidang. Kita masih nunggu jadwal sidang,” katanya. [Voai]

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment