Dilanda Skandal Politik Korea Selatan Ganti Perdana Menteri

08609cee-ddc0-42bf-9e72-3c5dde45ea98.jpg

Rabu, 2 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, SEOUL – Korea Selatan telah menunjuk perdana menteri baru dan menteri keuangan di tengah skandal politik yang menyangkut Presiden Park Geun-hye yang diduga membiarkan teman dekat mencampuri urusan negara.

Rabu pagi (01/11), juru bicara kepresidenan Jung Youn-kuk mengatakan Perdana Menteri Hwang Kyo-ahn telah digantikan oleh Kim Byong-joon dalam kaitannya dengan “situasi saat ini.”

Yim Jong-yong, ketua komisi jasa keuangan negara, juga terpilih sebagai menteri keuangan baru dan wakil perdana menteri.

Reshuffle ini dilakukan usai jaksa menyelidiki kasus Park dengan teman dekatnya yang tidak memiliki andil di pemerintahan, namun menjadi bayang-bayang pemerintahan. Teman dekat Park ini juga menekan pebisnis untuk mendonasikan uang pada yayasan yang dimilikinya.

Karenanya, hari ini, jaksa mengeluarkan surat perintah penahanan pada teman Park, Choi Soon-sil.

Pria 60 tahun, yang dilaporkan sebagai seorang peramal dan seorang pemimpin sekte ini adalah orang kepercayaan Park selama puluhan tahun dan dituduh dengan dugaan mendalangi kebijakan pemerintah dan pengambilan keputusan untuk keuntungan finansial pribadi.

Media Korea Selatan menggambarkan Choi sebagai sosok seperti Rasputin yang memiliki pengaruh yang tidak sehat untuk Park dan ikut campur dalam kebijakan pemerintah meskipun tidak memegang jabatan negara.

Awal pekan ini, sekitar 8.000 orang yang marah mengambil bagian dalam demo yang digelar di ibukota, Seoul, menyerukan Park untuk mengundurkan diri atas tuduhan yang dibuat terhadap dirinya dan Choi. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment