Donald Trump Menang, Dominasi Demokrat Tumbang

donald_trump-1

Kamis, 10 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya memastikan diri menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. Trump berhasil mengungguli saingannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Kepastian ini datang setelah pengusaha nyentrik itu berhasil menembus angka keramat, 270 electoral vote.

Perhitungan suara sendiri sebenarnya belum benar-benar rampung. Namun, karena jumlah total electoral vote adalah 538, maka siapapun calon presiden yang sudah mengoleksi 270 electoral vote, maka bisa dipastikan ia memenangkan pemilihan Presiden AS.

Melansir CNN pada Rabu (9/11), Trump menang di sejumlah negara bagian dengan jumlah electoral vote besar, seperti Texas, Pennsylvania, Ohio, Florida, Georgia, dan North Carolina. Sejumlah negara bagian yang berada di tengah-tengah AS juga memberikan sumbangan suara bagi Trump.

Sedangkan Hillary menang di New York, California, Illionis, Virginia, Washington, Oregon, Colorado, Virginia, New Jersey, dan New Mexico. Kemenangan Trump atas Hillary ini juga sekaligus menghapus hegemoni Partai Demokrat. Seperti diketahui, dalam dua pilpres sebelumnya, calon dari Partai Demokrat, yakni Barack Obama selalu menang atas calon dari Partai Republik.

Jutaan pendukung Trump bersorak-sorai menyambut kemenangan pengusaha kawakan itu. Sementara pendukung Hillary sudah membubarkan diri dari lokasi yang semula dirancang menjadi tempat perayaan kemenangan. Trump sendiri dilaporkan akan menyampaikan pidato kemenangan di New York, yang merupakan daerah asal dari pria berambut pirang tersebut.

Trump berterima kasih pada seluruh pendukungnya karena berhasil memenangkan pertarungan sengit ini. “Saya berterima kasih. Dan saya baru menerima telepon dari Clinton, dia memberikan selamat kepada saya dan saya juga mengucapkan selamat kepadanya,”ucap Trump mengawali pidatonya.

Ucapannya langsung disambut meriah oleh pendukung yang memenuhi Trump Tower. Para pendukungnya juga terus meneriakkan, “USA! USA! USA!”

Dia kemudian berterima kasih kepada seluruh keluarga dan kerabat dekatnya yang sudah mendukungnya. Trump mengatakan mereka semua luar biasa.

Trump berhasil memenangkan pilpres dengan perolehan 176 suara. Hampir semua suara di negara kunci disapu habis olehnya. [VOAI]
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment