Donald Trump Terpilih Jadi Presiden AS, Pasar Saham Dunia Anjlok

1021471980-e1478668451887.jpg

Rabu, 9 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, TOKYO – Indeks Bursa Saham Tokyo Nikkei turun lebih dari 4 persen akibat terkena imbas yang datang dari pemilihan presiden AS.

Sputnik melaporkan bahwa pada Rabu pagi, indeks turun 4,76 persen. Sementara Indeks Shanghai Composite turun 1,32 persen, sedangkan Indeks Shenzhen Composite Index 1,39 persen dan Hang Seng turun 2,82 persen.

Menurut prediksi New York Times, Donald Trump dari partai Republik memiliki kesempatan lebih dari 95 persen untuk menang di pemilu kali ini.

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga turun tajam usai sempat dibuka menguat tipis pada sesi pertama perdagangan saham Rabu (9/11/2016). Tekanan terjadi di tengah hasil sementara poolingIHSG pemilihan presiden Amerika Serikat (AS).

Analis PT First Asia Capital David Sutyanto menuturkan, tekanan IHSG terjadi lantaran berdasarkan hasil pooling sementara calon presiden dari partai Republik Donald Trump unggul ketimbang calon presiden dari partai Demokrat Hillary Clinton. Hal ini direspons negatif pelaku pasar apalagi kebijakan Trump sangat berbeda dengan Obama.

“Pasar itu lebih memilih Hillary Clinton. Tapi Trump kelihatannya mau menang,” ujar David. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment