Dua Bom Hantam Pos Polisi di Turki, 6 orang Tewas dan Ratusan Terluka

turky

Juma’at, 19 Agustus 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, TURKI – Dua bom (kembar) mobil yang berdaya ledak besar menghantam sebuah pos polisi di 2 kota di Turki. Serangan tersebut menewaskan 6 orang dan melukai sedikitnya 219 orang.

Serangan pertama ditargetkan kantor polisi di kota timur Van, menewaskan satu polisi dan dua warga sipil serta 73 orang terluka. Beberapa jam kemudian, sebuah kantor polisi di Elazig juga mendapat serangan bom. Serangan ini menewaskan 3 polisi dan melukai 146 orang.

Tayangan televisi menunjukkan gumpalan asap membumbung di atas gedung polisi yang hancur di Elazig. Kekuatan ledakan membuat sebuah mobil yang berada di dekat lokasi terlempar, menumbangkan pepohonan dan meninggalkan kawah besar di luar gedung dikutip dari BBC, Kamis (18/8/2016).

Para pejabat keamanan Turki menuding kelompok militan Kurdi, PKK, berada di balik aksi serangan ini. PKK telah melakukan serangkaian pemboman yang menargetkan polisi di sebagian besar wilayah tenggara yang menjadi wilayahnya. Serangan tersebut terjadi sejak gencatan senjata dengan pemerintah berakhir tahun lalu.

Pasca kudeta yang gagal di Turki pada bulan lalu, telah dibangun serangkaian pembicaraan persatuan nasional. Namun belum termasuk melakukan pembicaraan dengan partai politik pro-Kurdi yang berwenang di Turki, HDP, yang menyatakan dukungannya kepada PKK. Akan tetapi HDP menyangkal mempunyai jaringan ke kelompok militan. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment