Ekonomi Merosot, Saudi Telat Bayar Tunggakan Hutang Milyaran Dollar ke Swasta

saudi-bangkrut

VOA-ISLAMNEWS.COM, RIYADH – Dokumen resmi Saudi menunjukkan bahwa pemerintahannya telah mengalokasikan anggaran sebesar 100 miliar riyal atau setara dengan 26,7 miliar dollar untuk membayar hutangnya kepada perusahaan swasta setelah penundaan pembayaran selama berbulan-bulan. (Baca: “Dekrit” Kebangkrutan Saudi)

Dalam sebuah langkah yang dirancang untuk mengurangi defisit anggaran yang besar akibat rendahnya nilai jual minyak yang menjadi sumber penghasilan Arab Saudi, maka pemerintah mengurangi anggaran belanja dan menangguhkan pembayaran hutang kepada perusahaan konstruksi dan fasilitas medis, bahkan kepada beberapa konsultan asing yang menanam sahamnya dalam perkembangan perbaikan ekonomi, seperti dilansir almaalomah.info (11/11).

Pihak berwenang Saudi tidak mengungkapkan besarnya tunggakan hutang negara di sektor swasta, tetapi analis telah memperkirakan jumlahnya mencapai puluhan miliar dollar. (Baca: Ekonomi Terpuruk, Raja Saudi Copot Menteri Keuangan)

Dokumen resmi tersebut yang digambarkan sebagai dokumen “sangat mendesak” yang diterbitkan oleh Departemen Keuangan Saudi kepada semua instansi pemerintah dan lembaga-lembaga publik menyebutkan bahwa dekrit kerajaan telah memberikan kuasa kepada Menteri Keuangan untuk mengambil langkah dan prosedur yang diperlukan untuk mencairkan dana sejumlah hutang yang diselesaikan sesuai prosedur hukum sampai akhir tahun dan dana yang dikeluarkan saat ini untuk membayar hutang mencapai 100 miliar riyal. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment