Hampir 1 Juta Warga Kuba Dievakuasi Akibat Diterjang Badai Matthew

topan

Rabu, 05 Oktober 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM YAMAN, HAVANA – Saluran televisi Telesur melaporkan bahwa tidak kurang dari 899.000 orang dievakuasi pada hari Selasa (04/10) dari wilayah timur Kuba, demi meminimalkan efek negatif yang mungkin mengenai mereka akibat badai Mathew.

Laporan sebelumnya muncul pada hari Selasa bahwa pengungsian besar-besaran berlangsung di Kuba saat topan Matthew mulai mendekati bagian selatan wilayah timur Kuba. Hingga 316.000 orang telah dievakuasi dari Guantanamo, Santiago de Cuba, Holguin, Granma dan provinsi Las Tunas.

Topan Matthew yang merupakan badai di Karibia paling hebat dalam satu dekade, menghantam Kuba dan Haiti dengan angin berkecepatan 230 kilometer per jam pada Selasa (04/09), menyapu perkotaan, ladang, dan resor.

Di Haiti sendiri, dua orang tewas sementara jalur komunikasi terputus sehingga otoritas sulit memperkirakan skala kerusakan di sana.

“Haiti menghadapi bencana kemanusiaan paling besar sejak gempa bumi pada enam tahun lalu,” ujar Wakil Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Haiti, Mourad Wahba.

Merujuk pada laporan PBB, sekitar 200 ribu orang tewas akibat gempa bumi yang mengguncang Haiti pada 2010 lalu. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment