Hashd al-Shaabi Berhasil Bebaskan Bandara Tal Afar Irak dari ISIS

hasd-alshabi

Kamis, 17 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, IRAK – Unit Mobilisasi Populer (PMU), yang juga dikenal sebagai Hashd al-Shaabi, berhasil membebaskan bandara Tal Afar yang terletak di sebelah barat Mosul, setelah pertempuran berat dengan teroris ISIS.

“Bandara Tal Afar telah dibebaskan,” kata juru bicara Hashd al-Shaabi, Yusef al-Kallabi pada TV pemerintah (16/11).

Pembebasan bandara Tal Afar merupakan capaian terbesar dalam kampanye besar yang diluncurkan untuk merebut kembali kota strategis Mosul dari teroris Daesh/ISIS. Tal Afar terletak sekitar 60 kilometer sebelah barat Mosul, yang menghubungkan ke jalan utama menuju Suriah. Pembebasan wilayah ini secara efektif memotong jalur suplai Takfiri dari Suriah.

“Tal Afar akan menjadi blok awal untuk pembebasan semua daerah … hingga perbatasan Suriah dan di luar perbatasan Suriah,” kata komandan Hashd al-Shaabi, Hadi al-Amiri.

Komandan Hashd al-Shaabi telah mengumumkan bahwa bandara akan digunakan sebagai dasar untuk memulai serangan terhadap teroris Daesh/ISIS di Suriah.

Pasukan Irak 4 km dari pusat kota Mosul

Sementara itu, komandan pasukan Anti-Terorisme Irak, Mayor Jenderal Abdel Wahab al-Saadi mengumumkan bahwa pasukannya empat kilometer jauhnya dari pusat kota Mosul, saat ini mengendalikan wilayah Hayy al-Bakr, serta akan memulai serangan ke benteng utama Daesh.

Dia juga menyatakan bahwa puluhan teroris tewas dan sejumlah besar senjata militan dan kendaraan yang dipasangi bom hancur dalam operasi untuk merebut kembali daerah itu.

Pada hari Rabu, brigade lapis baja Irak terus mengalami kemajuan mereka menuju tenggara Mosul. Sejauh ini mereka telah mencapai Hayy al-Salam, dan telah mengumumkan bahwa mereka akan terus sampai ke jembatan 4 di barat Mosul. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment