Houthi: AS Dibelakang Saudi Bantai Rakyat Yaman

AS-saudi

Sabtu, 3 September 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, SANA’A– Pemimpin Gerakan Houthi Yaman, Abdelmalik al-Houthi, mengecam AS yang memberi dukungan kepada Arab Saudi dalam serangan brutal kerajaan itu ke Yaman.

“Amerika Serikat memainkan peran utama dalam agresi, termasuk dukungan logistik untuk serangan udara dan angkatan laut, menyediakan berbagai senjata dan memberikan perlindungan politik penuh untuk agresi, khususnya perlindungan dari tekanan kelompok-kelompok hak asasi manusia dan PBB,” ungkap al-Houthi sebagaimana dikutip FNA kemarin. (Baca juga:Puluhan Wanita dan Anak-anak Tewas dalam 24 Jam Serangan Brutal Saudi di Yaman)

Lebih lanjut ia mengecam para negosiator yang setia kepada presiden yang telah mengundurkan diri, Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, atas kegagalan pembicaraan damai yang ditengahi PBB tentang konflik Yaman di Kuwait bulan lalu, dengan alasan para delegasi yang didukung Saudi itu tidak mengerti arti dari dialog yang nyata.

“Hambatan yang dihadapi dalam negosiasi dan dialog adalah bahwa pihak lain ingin mencapai melalui perundingan apa yang ingin mereka capai melalui perang, tanpa memahami bahwa jalan dialog dan perdamaian berbeda dengan jalan perang,” jelas al-Houthi. (Baca juga:Saudi Cegah Delegasi Yaman Kembali ke Sana’a)

Pernyataan Houthi ini datang pada hari yang sama ketika pesawat militer Saudi meluncurkan dua serangan udara terpisah di lingkungan perumahan di Yaman, menewaskan hampir 12 warga sipil.

Setidaknya empat wanita dan lima anak-anak kehilangan nyawa mereka pada hari Jumat (02/09) setelah jet-jet tempur Saudi menghantam daerah-daerah di distrik Arhab di provinsi barat Yaman, Sana’a. (Baca juga:Serangan Saudi Tewaskan Seorang Ulama Yaman)

Sebelumnya pada hari Jumat, seorang warga sipil tewas dan tiga lainnya luka-luka setelah pesawat tempur Saudi menghantam pusat budaya di provinsi pesisir Hudaydah. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment