Hubungan Diplomatik Cina-Suriah, Tingkatkan Hubungan Militer

cina

Rabu, 17 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, SURIAH – Cina meningkatkan kerjasama militer dengan Suriah, militernya sendiri telah terlibat dalam memerangi militansi yang didukung asing di negara itu.

Guan Youfei, pejabat militer Cina yang bertugas mengawasi kerja sama internasional, mengumumkan peningkatan hubungan strategis dalam bidang militer pada hari Selasa, sebagaimana yang dikutip Xihuan.

Pejabat Cina yang mengunjungi Suriah untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Suriah Fahad Jassim al-Freij, mengatakan Beijing sedang mencari hubungan militer yang lebih dekat dengan Damaskus.

“Para militer Cina dan Suriah secara tradisional memiliki hubungan yang ramah, dan militer Cina bersedia untuk terus memperkuat pertukaran dan kerjasama militer dengan Suriah,” katanya.

Youfei juga mengatakan kedua pihak telah “mencapai konsensus” di mana militer China memberikan bantuan kemanusiaan ke Suriah, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kunjungan ini menandai perubahan baru, mengingat Cina sebelumnya menolak proaktif dalam konflik Suriah. Tetapi, Cina mendukung penuh upaya anti-terorisme Rusia di Suriah, yang telah melihat Moskow melakukan pemboman skala besar terhadap militan Takfiri di sana.

Kunjungan ini juga menampilkan pertemuan antara pejabat Cina dan seorang jenderal Rusia, Russia Today melaporkan.

Militansi yang didukung asing di Suriah, yang menikmati dukungan Barat, telah menjerumuskan Suriah dalam krisis selama lima tahun terakhir, menewaskan ribuan dan menggusur jutaan orang tak berdosa.

Youfei, pejabat Cina mengingatkan bahwa negaranya, anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah berkali-kali menjelajahi saluran diplomatik untuk menemukan solusi politik untuk krisis Suriah. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment