Ingin Dekatkan Hubungan Dua Negara, Kim Jong-Un Surati Putin

kim jong un

Rabu, 17 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, PYONGYANG – Presiden Korea Utara Kim Jong Un mengirim surat bernada hangat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, untuk menandai ulang tahun kemenangan bersama negara mereka atas Jepang pada akhir Perang Dunia II, dan berharap peningkatan kerjasama dalam perjuangan melawan musuh.

Daily Star pada Selasa (16/08) mengutip pernyataan Kim yang diterbitkan oleh kantor berita Korut, KCNA, dimana ia berkata,  “Saya mengungkapkan keyakinan bahwa hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPRK (Republik Demokratik Rakyat Korea) dan Rusia dalam perjuangan keras melawan musuh bersama akan selalu berkembang sejalan dengan aspirasi dan keinginan rakyat kedua negara.

” Dalam kesempatan ini, saya berharap kesuksesan dalam pekerjaan Anda dan kesejahteraan serta kemakmuran untuk rakyat Anda.”

Menurut KCNA, sebagai tanggapan, Putin tampaknya berharap kesehatan, kesuksesan dan berharap kedua negara bisa mencapai kesejahteraan bersama.

Minggu lalu Rusia memberi penghormatan kepada almarhum ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il dengan mendirikan sebuah plakat peringatan di pabrik St Petersburg yang pernah ia kunjungi 15 tahun yang lalu.

Pada masa Uni Soviet, kedua negara bersama hubungan dekat, dengan Kremlin sangat mendukung program Korea Utara. Seiring ambruknya Uni Soviet hubungan kedua negara juga menjadi renggang. Namun Putin menghidupkan kembali persahabatan mereka dalam menghadapi agresi dari negara-negara Barat. Pada 2015, Putin bahkan mengundang Kim untuk parade di Moskow, namun pemimpin Korut itu berhalangan hadir. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment