Ini Alasan Pentingnya Polri Mengusut Tuntas Aliran Dana ke Turki

Minggu, 26 Februari 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, JAKARTA – Upaya Polri telusuri aliran dana dari Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS) ke Turki sangat penting dan, saya kira, perlu mendapat dukungan penuh baik dari Pemerintah maupun publik di Indonesia. Melalui penyelidikannya, Polri bukan saja akan mampu memastikan keberadaan aliran dana tersebut, siapa pihak penerimanya, dan untuk keperluan apa; tetapi juga bisa melakukan cegah dini terhadap merebaknya kecurigaan dan fitnah. Sebab bila aliran dana tersebut tidak secara terang benderang dibuka dan diketahui oleh publik di Indonesia, maka hal itu justru akan menjadi bibit kecurigaan publik dan memicu spekulasi publik.

Selain itu, hasil penyelidikan Polri tersebut sangat penting bagi posisi Indonesia sendiri khususnya dalam bidang counter-terrorism dan counter-radikalisme. Jangan sampai karena tidak dilakukan penelusuran yang tuntas, negeri kita akan dicurigai sebagai salah satu bagian jejaring untuk aliran dana kelompok radikal transnasional. Bagaimanapun juga, ummat Islam di Indonesia memiliki hak penuh untuk melakukan relasi internasional, termasuk di antaranya membangun jejaring kerjasama dengan sesama organisasi Islam di seluruh penjuru dunia. Kalau masalah keberadaan aliran dana ke luar negeri seperti dalam kasus YKUS tidak diusut tuntas, bisa jadi organisasi-organisasi Islam di Indonesia bisa kena “getah”nya. Akan ada kecurigaan-kecurigaan terhadap mereka baik dari dalam negeri maupun dari masyarakat internasional.

Apa yang sedang dilakukan oleh para penyelidik Polri dibawah pimpinan Jenderal M. Tito Karnavian dalam kasus YKUS ini perlu diapresiasi, didukung, dan terus dipantau oleh publik. Jenderal M. Tito Karnavian punya pengalaman luas dalam bidang kontra-terorisme, dan Polri juga punya jejaring internasional untuk penyelidikan aliran-aliran dana atau transaksi global. Jika aliran dana YKUS ke Turki adalah suatu kerjasama lintas organisasi Islam yang tak ada kaitannya dengan gerakan radikal transnasional, saya yakin dengan cepat akan bisa diketahui, dikonfirmasi, dan demikian pula jika sebaliknya. Karenanya saya tidak sependapat dengan pandangan bahwa pengusutan kasus YKUS ini dihentikan tanpa suatu alasan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan menurut hukum yang berlaku.

Pemerintah dan seluruh jajarannya sudah seharusnya secara firm dan solid mendukung Kapolri dan jajarannya menuntaskan penyelidikan aliran dana ini. Jangan sampai karena tekanan-tekanan dari media, sosial media, atau kelompok-kelompok kepentingan tertentu, penyelidikan yang penting ini berhenti, tidak ada kejelasan, atau bahkan raib tak ketahuan rimbanya. Dan jangan sampai terjadi silang pendapat di antara para pembantu Presiden Jokowi mengenai tindakan penyelidikan yang, secara politik, cukup sensitif ini. [voai]

Sumber; Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment