Inisiatif Zona De-eskalasi di Suriah Disambut Baik Sekjen PBB

Jum’at, 05 Mei 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, NEW YORK – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyambut baik sebuah kesepakatan yang dicapai pada hari Kamis oleh Rusia, Iran dan Turki untuk menciptakan zona aman di Suriah. Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Sekretaris Jenderal menyambut baik kesepakatan hari ini di Astana … Akan sangat penting untuk melihat kesepakatan ini benar-benar memperbaiki kehidupan orang-orang Suriah,” kata juru bicara tersebut sebagaimana dikutip Sputnik, Jum’at (05/05).

Dujarric mengatakan bahwa kepala PBB itu menyambut baik komitmen untuk menghentikan penggunaan semua senjata, terutama pesawat, memberikan akses kemanusiaan tanpa hambatan dan menciptakan kondisi untuk penyampaian bantuan medis.

Perjanjian yang diusulkan oleh Rusia tersebut, yang ditandatangani pada akhir perundingan perdamaian Suriah keempat di ibu kota Kazakhstan, akan memungkinkan terciptanya “zona de-eskalasi” di provinsi Idlib, di sebelah utara kota Homs, Di Ghouta Timur dan di selatan Suriah.

Pemerintah Suriah dan pasukan oposisi akan terhindar dari saling serang di wilayah yang ditunjuk melalui penjamin penjagaan keamanan, pos pemeriksaan dan pos pengamatan yang dapat mendorong pengungsi untuk kembali ke negara yang dilanda perang tersebut. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment