Jelang Aksi Demo 4 November, Kapolri Gelar Rapat Koordinasi di Polda Metro

kapolri

VOA-ISLAMNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian semalam telah mengumpulkan seluruh anak buahnya di tingkat Mabes Polri dan Polda Metro Jaya jelang Pilgub DKI Jakarta 2017. Tito mengumpulkan jajarannya itu di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengakui, dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih tiga jam itu membahas soal pengamanan aksi pada 4 November 2016. Tidak hanya itu, tambahnya, soal pengamanan jelang Pilkada serentak dan Pilgub DKI Jakarta juga jadi topik hangat dalam pertemuan itu.

“Tadi rapat dipimpin oleh Kapolri dan Wakapolri membahas satuan kekuatan di Mabes Polri sampai nanti diperbantukan ke daerah. Jadi tadi inventarisis kekuatan untuk perbantuan ke daerah,” kata Boy seusai rapat tertutup di Mapolda Metro Jaya, Jalan Medan Merdeka, Sabtu 29 Oktober 2016 malam.

Untuk unjuk rasa pada 4 November 2016, Boy mengatakan, akan dipercayakan kepada Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan. Dimana Polri akan mengamankan secara maksimal, aksi yang rencananya akan digelar di beberapa lokasi seperti Istana Merdeka, Bareskrim, dan Balai Kota DKI.

“Khusus unjuk rasa 4 November 2016, ini tugas Kapolda Metro untuk mengamankan. Polda Metro akan dibantu oleh satuan kewilayahan Polres-Polres seperti Tangerang dan Bekasi,” katanya.

Mantan Kapolda Banten ini menyebutkan, masyarakat tidak perlu resah atau takut dengan informasi aksi demo besar-besaran pada tanggal 4 November itu. Pasalnya Polri sudah siap mengamankan dengan mengedepankan persuasif, bukan kekuatan represif.

“Masyarakat yang mau demo, silakan sampaikan aspirasinya, kami siap amankan, kami kawal. Tetap jaga ketertiban umum dan jangan anarkis. Kami juga jaga masyarakat yang lain agar tetap merasa aman dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa,” imbuh Boy.

Bahkan, dalam rapat tertutup itu nyaris dihadiri oleh semua pejabat yang ada di Mabes Polri. Antara lain Wakapolri Komjen Syafrudin, Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, Kalemdikpol Komjen Moechgiyarto dan lainnya. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment