Kacaukan Timur Tengah, Turki-Qatar Pasok Senjata Ganas ke Teroris

VOA-ISLAMNEWS.COM, TIMUR TENGAH – Sebuah penelitian yang disusun oleh para peneliti ahli dalam memerangi terorisme, pada hari Minggu (07/05) mengungkapkan bahwa otoritas intelijen Turki telah mengekspor sejumlah senjata mematikan dan ganas kepada para teroris di Timur Tengah dan kawasan Arab yang didanai oleh pedagang Qatar. (Baca: Majalah Intelijen Bongkar Wajah Busuk Qatar dan Turki Bantu ISIS di Suriah)

Penelitian yang disusun para ahli di “Pusat Penelitian Kejahatan Terorganisir dan Memerangi Kerusakan” yang berbasis di Serbia, mengungkapkan kepada kantor berita AlMaalomah (07/05) bahwa “otoritas Turki yang didanai oleh beberapa warga Qatar telah membeli dan mengirimkan berbagai jenis senjata berat yang mematikan kepada kelompok-kelompok teroris di Timur Tengah dan kawasan Arab yang berasal dari negara Balkan dan Eropa Timur”.

Hasil penelitian ini juga menjelaskn bahwa “senjata-senjata tersebut diantaranya adalah senjata anti-tank, proyektil anti senjata perang, meriam mortir dan misilnya, senapan berat berkaliber besar, ranjau darat dan granat tangan. Dan semua senjata yang jumlahnya begitu besar ini di beli dari sejumlah makelar perdagangan senjata yang berasal dari Bulgaria, Slovekia, Rumania, dan Ceko. Serta beberapa makelar lainnya bergabung dengan pedagang di Republik Bosnia, Republik Ceko dan Montenegro”. (Baca: Operasi Kotor Saudi, Qatar dan Turki di Balik Aksi Terorisme Dunia)

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa “para makelar ini mencapai kesepakatan untuk menjual senjata kepada para pelanggan di Timur Tengah dan kemudian menyeludnupkannya ke sejumlah komandan perang di sana seperti komandan ISIS, Jays Suriah al-Hurr, kelompok teroris Ansar al-Islam di Suriah dan Jabhah Fath al-Sham atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Jabhah al-Nusra”.

Hasil penelitian ini jug memperkirakan nilai ekspor senjata yang berasal dari negara-negara Eropa timur yang kemudian sampai di tangan para teroris ISIS di Irak dan Suriah selama tahun 2015 dan 2016 mencapai 5,1 miliar dolar AS. (Baca: Buntut Perseteruan dengan Saudi, Mesir Diserang Teror Oleh Qatar, Turki dan Ikhwanul Muslimin)

Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa “wilayah Balkan merupakan arena kegiatan penting untuk menyelundupkan senjata kepada para teroris, tentunya dengan bekerja sama dengan intelijen Turki dan didanai dengan dana dari Qatar, dimana jaringan mafia Turki telah menyetujui kesepakatan yang dibuat dan mengarahkan pengiriman senjata ke wilayah-wilayah yang ditentukan oleh otoritas Turki, di mana beberapa warga Qatar telah memberikan suntikan dana serta menyuplai sejumlah amunisi yang diperlukan untuk ribuan senjata laras panjang yang telah dibeli untuk menciptakan kekacauan di Timur Tengah”. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment