Kashmir Bergejolak, PM India Tuding Pakistan Dalangnya

kasmir
Sabtu, 13 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, NEW DELHI – Hari Jum’at kemarin India menyalahkan Pakistan atas munculnya ketegangan di wilayah Kashmir yang dikuasai India setelah tekanan terhadap New Delhi untuk mendinginkan situasi semakin kuat.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan ada banyak bukti untuk menunjukkan bahwa pemerintah di Islamabad telah menyebabkan kerusuhan di wilayah Himalaya yang disengketakan itu. (Baca juga:Kenapa Hampir Seluruh Dunia Diam atas Kekejaman India di Kashmir?)

“Akar penyebab kerusuhan di Kashmir adalah terorisme lintas-perbatasan yang didorong oleh negara tetangga kita,” kata sang perdana menteri India, Jum’at (12/08) kemarin.

Parlemen rendah India pada hari Jum’at mendesak pemerintahan Modi untuk memulihkan perdamaian di Kashmir.

Modi, pemimpin partai berkuasa, Bharatiya Janata Party (BJP) di India yang telah lama menganjurkan sikap keras terhadap beberapa gerakan pro-kemerdekaan di Kashmir berkata dalam pertemuan para pemimpin partai di New Delhi bahwa sekarang bukan saat yang tepat untuk mengirim negosiator dan bahwa tidak boleh ada kompromi pada keamanan nasional. (Baca juga:KASHMIR BERGOLAK! Warga Marah Setelah India Kirim Pasukan Tambahan)

Bentrokan meletus di Kashmir pada 8 Juli, ketika orang-orang memprotes pembunuhan Burhan Wani, seorang pejuang pro-kemerdekaan populer di tangan pasukan India. Lebih dari 50 orang tewas, termasuk dua polisi, sementara ribuan terluka dalam demonstrasi yang telah digambarkan sebagai konflik tragis yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Kashmir.

Pemerintah India memperluas jam malam Jumat untuk daerah di seluruh wilayah yang disengketakan dalam upaya yang bertujuan menghalangi pawai oleh para aktivis pro-kemerdekaan.

Sejak India dan Pakistan merdeka dari kekuasaan Inggris pada tahun 1947, dua tetangga itu bersaing mengklaim Kashmir secara penuh. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment