Kebijakan Trump Tak Akan Pengaruhi Dukungan Qatar Terhadap Teroris Suriah

qatar-dukung-teroris-suriah

Minggu, 27 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, DHOHA – Qatar mengatakan akan terus memasok kelompok-kelompok militan di Suriah, bahkan jika Presiden AS terpilih Donald Trump menghentikan dukungan AS.

Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al-Thani membuat pernyataan pada hari Sabtu (26/11), dalam kaitannya dengan pernyataan Trump baru-baru ini yang menandakan bahwa ia menentang dukungan AS terhadap kelompok-kelompok militan anti pemerintah Suriah.

Trump juga telah menyarankan bahwa ia mungkin akan memihak Rusia dalam perjuangan mereka melawan Daesh di Suriah. Dalam sebuah wawancara bulan lalu, Presiden Suriah Bashar al-Assad mencatat bahwa Trump mungkin “sekutu alami” jika ia memutuskan untuk “melawan teroris.”

Selama wawancara pada bulan Maret, Trump mengatakan bahwa “Pendekatan AS melawan Assad dan Daesh secara bersamaan adalah kegilaan, dan kebodohan.” “Anda tidak bisa melawan dua orang yang berkelahi satu sama lain, dan memerangi mereka bersama-sama. Anda harus memilih satu atau yang lain,” tambahnya.

Thani menekankan bahwa Qatar masih ingin dukungan AS karena mereka selalu memiliki sekutu. “Tapi jika mereka ingin mengubah pikiran mereka, kita akan mengubah posisi kami? Bagi kami, di Qatar setidaknya, kita tidak akan mengubah posisi kami. Posisi kami didasarkan pada prinsip-prinsip, nilai-nilai dan penilaian kami atas situasi yang ada,” katanya.

Dia mencatat bahwa Qatar tidak akan memasok militan dengan rudal karena saat ini pasukan Suriah dalam tahap merebut kembali kota Aleppo, tapi militan akan selalu memiliki “kemampuan untuk menangkap kembali.”

Aleppo, kota terbesar kedua di Suriah, masih terbagi antara pasukan pemerintah di barat dan teroris yang didukung asing di timur, membuatnya menjadi medan pertempuran garis depan.

Pada tanggal 22 September, Suriah mengumumkan dimulainya operasi militer baru di Aleppo yang bertujuan mengusir para teroris dari menempati bagian timur kota strategis. [VOAI]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment