Kembangkan Kerjasama, Putin Undang Presiden Baru Moldova ke Rusia

1152462-e1479143172279.jpg

Selasa, 15 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengucapkan selamat kepada Igor Dodon atas kemenangannya dalam pemilihan presiden di Moldova. Layanan pers Kremlin mengumumkan hal ini pada Senin (14/11).

Menurut pemimpin Rusia itu, hasil pemungutan suara menunjukkan dukungan luas rakyat terhadap kebijakan Dodon untuk mencapai stabilitas sosial-ekonomi di dalam negeri dan mendirikan prioritas kebijakan luar negeri yang seimbang.

“Presiden Rusia menyatakan komitmennya untuk dialog konstruktif dan kerja aktif untuk mengembangkan hubungan Rusia-Moldovan sesuai dengan Perjanjian Persahabatan dan Kerjasama yang menandai ulang tahun ke-15 hari-hari ini,” bunyi pernyataan layanan pers Kremlin sebagaimana dikutip TASS.

Selain itu, pernyataan Kremlin tersebut juga menyebut bahwa Putin mengundang Dodon untuk mengunjungi Rusia dan berharap ia sukses dalam aktivitasnya.

Menurut Komisi Pemilu Moldova, Igor Dodon, pemimpin Partai Sosialis advokasi hubungan yang lebih erat dengan Rusia, memenangkan dukungan dari 52,18% suara di pemilihan presiden pada hari Minggu. Saingannya, Maia Sandu, pemimpin Partai Aksi dan Solidaritas dan calon tunggal dari oposisi pro-Eropa, memenangkan 47,82% suara.

Setelah pemilu, Dodon menegaskan rencananya untuk melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Moskow dan mengatakan ia berharap hal itu akan berlangsung sebelum akhir tahun.

“Kami berharap bahwa kunjungan resmi pertama akan berlangsung sebelum akhir tahun ini. Kami berencana untuk mengunjungi Moskow, jika mitra kami setuju,” katanya dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio Ekho Moskvy. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment