Kemenag Desak Polisi Usut Aktor Pemicu Kerusuhan Demo 4 November

menag_minta_polisi_usut_dalang_kerusuhan_demo_4_november

Minggu, 6 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Agama RI Lukmam Hakim Saifudin mengapresiasi kedewasaan ratusan ribu umat Islam dalam aksi damai 4 November kemarin. Namun Ia meyayangkan ada oknum yang berusaha memprovokasi massa aksi untuk membuat kericuhan.

“Sebetulnya aksi kemarin itu aksi damai dan para penggagasnya sepanjang yang saya ketahui berniat ingin aksi damai, jadi mereka ingin menyampaikan aspirasinya sesuai dengan ketentuan-ketentuan konstitusi karena berunjuk rasa adalah ekspresi setiap warga negara yang memiliki haknya,” kata Lukman di Kawasan Car Free Day (CFD), Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2016).

Lukman sangat menyayangkan adanya insiden yang terjadi sesaat setelah berkumandangnya azan Isya. Ia meyakini adanya provokator di luar massa aksi, ia mendorong kepolisian untuk mendalami aktor pemicu kerusuhan tersebut.

“Namun kita sayangkan setelah isya itu kemudian terjadi insiden. Mudah mudahan aparat penegak hukum kita bisa mendalamai hal tersebut, mengungkap siapa yang melakukan hal hal seperti itu,” ungkapnya.

Ia berharap umat Islam menyerahkan sepenuhnya kasus dugaan penistaan agama yang melibatkan gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki T Purnama (Ahok). Ia juga berharap, kalaupun ada aksi lagi massa bisa lebih patuh terhadap aturan dan konstitusi yang ada.

Tapi secara keseluruhan kita lihat sampai Magrib itu masih damai tidak ada kerusuhan. Mudah mudahan ke depan aksi damai yang diikuti bisa sesuai dengan ketentuan, misalnya jam 6 sore sudah harus bubar,” tutur Lukman. [VOAI]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment