Komandan Irak Klaim Sepertiga dari Mosul telah Dibebaskan dari ISIS

komandan-irak

Rabu, 16 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSUL – Komandan pasukan Irak mengatakan bahwa Teroris Takfiri ISIS telah terusir dari sepertiga timur Mosul, dia juga menambahkan bahwa pasukan dan pejuang mereka sedang melakukan operasi besar untuk membebaskan kota strategis itu.

“Lebih dari sepertiga timur Mosul telah dibebaskan oleh pasukan militer. Daerah ini bergolak bahkan sebelum kehadiran teroris ISIS” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Brigadir Jenderal Saad Maan yang mengatakan di pangkalan udara Qayyarah dekat Mosul pada hari Selasa.

Maan juga menegaskan bahwa beberapa kabupaten yang berhasil direbut kembali di timur Mosul “sangat penting dan pembebasannya adalah kunci untuk pembebasan daerah lain”. (Baca juga: 16 Tentara AS Tewas dan 27 Lainnya Luka-Luka Selama Operasi Pembebasan Mosul)

Di tempat lain dalam jumpa persnya, Maan mengatakan bahwa 955 gerilyawan telah tewas dan 108 lainnya ditangkap di garis depan timur Mosul sejak awal operasi.

Secara terpisah, pada hari Selasa (15/11), Mayor Salam al-Obeidi memperingatkan bahwa sekitar 700 penduduk setempat telah tumpah ke jalan-jalan di wilayah yang baru dibebaskan seperti Zahra dan Qadisiyah di timur Mosul untuk mencari makanan dari militer.

8e3cf511-9f42-4329-bbaa-b4b962c101

Anak-anak menunggu untuk mendapatkan makanan dari pasukan khusus Irak di Mosul pada 14 November 2016. (Foto Reuters)

Pasukan Irak berbagi jatah makanan mereka dengan warga sipil, ujar Mayor Salam al-Obeidi. (Baca juga: Zakharova; Warga Mosul Dibantai ISIS dan Koalisi Pimpinan AS)

“Ini adalah masalah bagi kami karena makanan yang kita miliki tidak cukup bagi mereka dan kami sedang menunggu lebih banyak makanan untuk dikirim dari pemerintah,” kata al-Obeidi, dan menambahkan, “Sekarang tentara Irak memberikan makanan kepada warga sipil”. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment