Komandan Tinggi Thaliban Pakistan Tewas Ditangan Pasukan Afghanistan

54572d9a-57b3-4baf-ab86-1331daf9fe89.jpg

Senin, 26 September 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, ISLAMABAD – Pasukan keamanan Afghanistan telah membunuh salah satu komandan tinggi Taliban Pakistan bersama dengan setidaknya 10 militan lainnya di daerah sepanjang perbatasan yang rapuh antara kedua negara.

Sumber di kelompok militan mengatakan pada hari Minggu (25/09) bahwa Raees Khan, yang juga dikenal sebagai Azam Khan Tariq, yang merupakan komandan tertinggi keempat di Pakistan Tehreek-e-Taliban (TTP) dan rekan-rekannya tewas di daerah Laman provinsi Paktika, Afghanistan, yang dekat wilayah Waziristan Selatan Pakistan. (Baca juga:18 Militan Thaliban Tewas di Utara Afghanistan)

“Saya mengkonfirmasi pembunuhan Azam Tariq bersama dengan setidaknya 10 Taliban lainnya di provinsi Paktika Pakistan,” ungkap seorang komandan militan senior yang setia kepada Tariq sebagaimana dikutip AFP.

Tariq telah bekerja sebagai juru bicara mantan kepala TTP, Hakimullah Mehsud, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan pada tahun 2013.

Pembunuhan terbaru dari seorang komandan tinggi Taliban ini datang setelah Pakistan menuntut Kabul untuk menyerahkan buronan Maulana Fazlullah, pemimpin Taliban Pakistan di lembah Swat yang bergolak, yang dikabarkan bersembunyi di Afghanistan timur. (Baca juga:99 Teroris Tewas dalam 24 Jam Terakhir di Afghanistan)

Afghanistan dan Pakistan saling menyalahkan atas kekerasan Taliban yang mengganggu kedua negara.

Kedua negara telah saling menuduh bahwa para militan itu berlindung di wilayah perbatasan satu sama lain dan melancarkan serangan berdarah yang mengancam stabilitas regional.

Ketegangan juga meningkat di sepanjang perbatasan Afghanistan-Pakistan dalam beberapa bulan terakhir.

Kabul menyalahkan unsur di dalam agen mata-mata Pakistan, Inter-Services Intelligence, telah mendukung gerilyawan Taliban, sementara Islamabad menyalahkan pemerintah Afghanistan karena memberikan perlindungan kepada para militan pada sisinya perbatasan. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment