Lagi Bersitegang Dengan AS, Korut Malah Uji Coba Rudal Balistik

Sabtu, 29 April 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, PYONGYANG – Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik pada Sabtu (29/4/2017) pagi dari sebuah wilayah di utara Ibu Kota Pyongyang. Namun, uji coba itu berujung pada kegagalan. Demikian pernyataan militer Korea Selatan (Korsel).

Uji coba tersebut tampaknya menjadi sinyal rezim Pyongyang menentang kuat tekanan dari Amerika Serikat (AS) dan sekutu utama negara itu, China.

Dikutip dari Reuters, seorang pejabat di Kepala Staf Gabungan Korsel mengkonfirmasi peluncuran tersebut namun tidak segera mendapat informasi lebih lanjut. Kantor berita Yonhap mengatakan rudal tersebut tampaknya telah meledak beberapa detik setelah diluncurkan.

Tes tersebut dilakukan saat Sekretaris Negara AS Rex Tillerson memperingatkan PBB bahwa kegagalan untuk mengekang program rudal nuklir dan balistik Korut dapat menyebabkan ‘konsekuensi bencana’.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Kamis sebuah “perang besar dan utama” dengan Korut dimungkinkan melalui program rudal nuklir dan balistiknya.

Namun, baik China dan Rusia telah mencela ancaman militer Washington dalam pertemuan di Dewan Keamanan PBB.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada 15 anggota dewan tersebut, tidak hanya sampai ke China untuk memecahkan masalah Korea Utara.

“Kunci untuk memecahkan masalah nuklir di Semenanjung Korea tidak terletak di tangan pihak China,” Wang mengatakan kepada dewan tersebut dimana kemudian Tillerson menolaknya.

Ketegangan di semenanjung Korea telah meningkat saat Korut merayakan sejumlah peringatan penting, dengan kedua belah pihak mengadakan latihan militer besar.

Dalam sebuah demonstrasi, AS mengirim kelompok kapal induk USS Carl Vinson ke perairan di semenanjung Korea, di mana ia akan bergabung dengan USS Michigan, sebuah kapal selam nuklir yang berlabuh di Korsel pada hari Selasa. Angkatan Laut Korsel mengatakan akan mengadakan latihan dengan kelompok kapal perang AS. [Voai]

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment