Mantan Kapolsek Kabupaten Pasuruan Dijebloskan dalam Penjara

VOA-ISLAMNEWS.COM, Surabaya – Mantan Kapolsek Keboncandi, Kabupaten Pasuruan, AKP Zainuri dijebloskan dalam tahanan Mapolda Jatim. Setelah sebelumnya Polda Jatim menetapkan status tersangka usai mengantongi dua alat bukti. Polda Jatim tidak pandang bulu dalam menegakkan supremasi hukum di wilayahnya. Tidak hanya masyarakat umum yang berbuat kriminal ditindak tegas, tetapi anggota polisi yang melanggar hukum juga ditindak.

Perwira ini terlibat kasus dugaan penggelapan 18 barang bukti (BB) motor di Mapolsek Keboncandi. Belasan motor itu merupakan hasil sitaan polsek dalam kurun waktu 2014-2015. Disinyalir belasan motor tersebut dijual ke pusat barang bekas di Kota Pausruan.

“Perwira ini ditetapkan tersangka setelah terbukti melakukan penggelapan 18 sepeda motor. Jadi kami lakukan penahanan agar pelaku tidak kabur,” terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Minggu (5/3/2017).

Menurut Barung, pihaknya juga akan memberikan sanksi berat berupa pemecatan pada tersangka. Namun hukuman itu akan dilakukan setelah selesai menjalani sidang dalam kasus penggelapan.

“Walaupun oknum polisi yang berinisial Z sudah perwira, kami tidak akan pandang bulu menindak tegas anggota yang bermasalah. Karena tidak pantas anggota polisi atau bahkan perwira melakukan itu, jadi pelaku akan kami pecat dari anggota polri,” paparnya.

Barung menambahkan, penetapan tersangka terhadap perwira ini merupakan salah satu komitmen Polda Jatim untuk menindak oknum polisi yang tidak benar. Sehingga kedepan kasus serupa tidak terulang kembali.

“Ini sebagai bentuk ketegasan bapak Kapolda (Irjen Pol Machfud Arifin) untuk tidak pandang bulu menindak kejahatan di Jatim,” tandasnya.

Sebelumnya, Kapolres Pasuruan Kabupaten memindahkan AKP Zainuri ke Yanma Polda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan. Sebab, mantan perwira ini diduga menggelapkan 18 kendaraan bermotor yang merupakan BB di mapolsek Keboncandi.

Selama beberapa hari AKP Zainuri diperiksa secara berkala di Bid Propam Polda Jatim. Hasil pemeriksaan, AKP Zainuri terbukti menggelapkan 18 motor yang merupakan BB. (VOAI/okezone)

Related posts

Leave a Comment