Menhan Iran Dukung Turki Perbaiki Kesalahan Masa Lalunya

13950530000754_photoi.jpg

Minggu, 21 Agustus 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, TEHERAN – Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Hossein Dehqan, menyambut perubahan kebijakan pemerintah Turki mengenai isu-isu regional, dan mengatakan bahwa Ankara ingin memperbaiki kesalahannya di masa lalu.

“Pemerintah Turki telah menerima realitas dan kebenaran dari kebijakan Republik Islam Iran dalam melawan aliran teroris,” ungkap jendral Dehqan kepada wartawan dalam konferensi pers di Teheran, Sabtu (20/08) kemarin. (Baca juga:Ketakutan AS Atas Aliansi Baru Turki-Rusia-Iran)

“Praktisnya, mereka ingin entah bagaimana mengkompensasi masa lalu yang tidak membawa keuntungan bagi mereka, mengakibatkan kerusakan serius pada masyarakat dan infrastruktur negara-negara di kawasan serta membantu keberadaan asing di kawasan,” tambahnya.

Menhan Iran menyatakan hal itu menjelang persiapan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan untuk melakukan perjalanan tingkat tinggi ke Teheran dalam sebuah langkah yang dilihat oleh media-media utama Arab sebagai langkah resmi untuk membantu mendorong koalisi Turki-Iran-Rusia di Suriah. (Baca juga:Rusia Perintahkan Turki Tutup Perbatasan dengan Suriah, Hentikan Aliran Teroris)

Erdogan melaksanakan perjalanan setengah hari ke Rusia setelah kudeta baru-baru ini di Turki untuk bertemu dan mengadakan perundingan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Saint Petersburg. Pembicaraan mereka terutama difokuskan pada menemukan cara untuk mengakhiri perang di Suriah, sementara kedua negara telah membentuk komisi bersama untuk menerapkan hasil pembicaraan mereka.

Ankara kemungkinan akan melakukan perubahan besar dalam kebijakannya mengenai Suriah dan bergerak untuk bersekutu dengan Iran dan Rusia,” ujar seorang diplomat tinggi di Teheran setelah Perdana Menteri Turki mengatakan awal bulan ini bahwa sudah waktunya untuk negaranya untuk meningkatkan hubungan dengan Damaskus. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment