NGOTOT!! Delegasi Oposisi Suriah Cekcok dengan HNC di Jenewa

Rabu, 01 Maret 2017

VOA-ISLAMNEWS.COM, JENEWA – Delegasi Oposisi Suriah, Komite Tinggi Negosiasi (HNC), menjadi semakin terpecah akibat silang pendapat dalam berbagai isu dalam pembicaraan Jenewa. Hal ini diungkap sumber dari dalam delegasi komite itu sendiri.

” Saat ini pertemuan para delegasi berada di Jenewa dalam perundingan untuk membahas tindakan lebih lanjut. Situasi saat ini menyebabkan ketidaksepakatan serius,” kata sumber itu sebagaimana dikutip TASS, Rabu (01/03).

Sumber itu mengatakan bahwa pihak oposisi menjadi terpecah terutama dalam pembahasan situasi di lapangan. Sebagaimana klaim delegasi HNC, jumlah pelanggaran gencatan senjata telah meningkat akhir-akhir ini. Sekitar setengah dari anggota delegasi yang mewakili kelompok-kelompok bersenjata menyerukan reaksi langsung kepada pelanggaran tersebut, sementara yang lain mendukung pendekatan yang lebih terkendali dan mendesak untuk terus bekerja sesuai dengan agenda yang disarankan oleh utusan PBB di Suriah, Staffan de Mistura. Pertentangan lain adalah mengenai peran Rusia di pemukiman Suriah.

“Moskow bisa memainkan peran kunci dalam membujuk Iran dan rezim (Damaskus) untuk mengawasi gencatan senjata. Pertanyaannya adalah apakah negara itu menginginkannya,” kata sumber itu.

Keputusan Rusia untuk memveto resolusi Dewan Keamanan PBB menjatuhkan yang akan menjatuhkan sanksi terhadap Damaskus untuk dugaan penggunaan senjata kimia juga menyebabkan kritik tajam diantara beberapa anggota HNC tersebut.

Menurut sumber delegasi oposisi, anggota HNC tertentu akan bertemu pada Selasa malam dengan kepala Departemen Luar Negeri Rusia untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Sergei Vershinin, yang tiba di Jenewa, Senin. Namun Pertemuan tidak terjadi.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov semula direncanakan untuk bertemu dengan perwakilan HNC pada hari Rabu di Jenewa. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment