Obama-Putin Bahas Krisis Suriah dan Ukraina Dalam Pertemuan Singkat

obama-putin-bahas-suriah

Senin, 21 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, PERU – Presiden AS Barack Obama mengadakan pertemuan singkat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membicarakan krisis Suriah dan Ukraina.

Pembicaraan singkat pada hari Minggu itu, di sela-sela pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) di Lima, Peru, adalah yang pertama sejak Donald Trump memenangkan pemilihan presiden AS dan diyakini menjadi pertemuan yang terakhir. [Baca; Duterte Temui Putin di sela-sela KTT APEC di Peru]

Dalam pertemuan itu, Presiden AS meminta Rusia untuk berkomitmen dengan kesepakatan Minsk, yang ditujukan untuk mengendalikan krisis di Ukraina timur, dan menekankan pentingnya pembicaraan lanjutan krisis Suriah, menurut Gedung Putih.

“Presiden AS mendesak Putin untuk menegakkan komitmen Rusia dalam perjanjian Minsk, dan menggarisbawahi komitmen mitra kami tentang ‘kedaulatan Ukraina,” AFP mengutip seorang pejabat Gedung Putih.

Obama juga menegaskan “kebutuhan Sekretaris (John) Kerry dan Menteri Luar Negeri (Sergei) Lavrov untuk terus mengejar inisiatif, bersama-sama dengan masyarakat internasional yang lebih luas, untuk mengurangi kekerasan dan meringankan penderitaan rakyat Suriah.”

Pertemuan empat menit diselenggarakan selama perjalanan terakhir Obama sebagai presiden. [Baca; VIDEO: Menuju Peru, Pesawat Kepresidenan Putin Dikejar Tiga Jet Tempur Swiss]

Dalam pemilihan presiden yang diselenggarakan pada tanggal 8 November, Trump, calon Partai Republik, menyerukan “hubungan yang sangat baik” dengan Putin, dan mengatakan ia adalah pemimpin yang lebih baik dari Obama.

Obama bersiap untuk meninggalkan Gedung Putih, namun hubungan antara Moskow dan Washington tetap pada titik terendah sejak Perang Dingin, terutama atas situasi di Suriah dan Ukraina. [Voai]
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment