Pakar Politik: Koalisi Saudi Kemungkinan akan Serang Qatar secara Militer

VOA-ISLAMNEWS.COM, LONDON – Abdel Bari Atwan, pemimpin redaksi surat kabar Rai al-Youm, menggarisbawahi bahwa pemutusan hubungan diplomatik dengan Doha oleh empat negara Arab merupakan awal peluncuran serangan militer terhadap pemerintah Qatar.

Ucapan Atwan itu muncul setelah Arab Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir menutup perbatasan mereka dengan Qatar untuk menghentikan semua hubungan diplomatik dengan negara Teluk Persia tersebut.

“Langkah selanjutnya adalah intervensi militer untuk perubahan rezim di Qatar karena ini adalah perang yang telah direncanakan beberapa bulan lalu,” tulis analis Arab senior ini di halaman Twitternya, Senin (05/06). (Baca juga:Saudi, UEA, Mesir, Bahrain Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar)

Ia menjelaskan bahwa memutuskan hubungan diplomatik dan menutup perbatasan adalah upaya pendahuluan untuk mengisolasi Doha.

Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir telah memutuskan hubungan diplomatik dan semua hubungan darat dan udara dengan Qatar pada hari Senin, dengan menuduh negara Teluk Persia itu mendukung terorisme dan mencampuri urusan dalam negeri mereka. (Baca juga:Qatar Sesalkan Langkah Saudi Cs Putuskan Hubungan Diplomatik)

Qatar dalam sebuah pernyataan menyatakan penyesalan atas upaya empat negara Arab tersebut untuk memutuskan hubungan dengan Doha, dan mengatakan, “Tindakan mereka tidak dapat dibenarkan dan berdasarkan tuduhan tanpa dasar.” (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment