Pasukan Efrat Turki Halangi Campur Tangan Koalisi Internasional di Suriah

koalisi-internasional

VOA-ISLAMNEWS.COM, SURIAH – Pasukan Koalisi Internasional telah menahan diri dari mendukung operasi yang saat ini dilancarkan oleh pasukan Turki dan sekutunya yakni faksi-faksi oposisi Suriah terhadap kota al-Bab di utara Suriah.

John Dorian, juru bcara militer koalisi internasional pada hari rabu (16/11) mengungkapkan bahwa “Kai telah mengambil keputusan ini di tingkat nasional, Turki akan melakukan operasi militernya secara mandiri tanpa bantuan kami”, seperti dilansir kantor berita Addiyar Lebanon (17/11). (Baca: Surat Misterius Dewan Pasukan ISIS yang Larang Serang Pesawat Koalisi AS)

Dorian juga menjelaskan bahwa Amerika telah menarik anggota pasukan khususnya yang dikerahkan untuk mendukung pasukan Turki dan sekutu mereka.

Menurut para analis, kurangnya dukungan yang diberikan koalisi internasional saat ini telah membuat ketegangan akut di pihak Turki dan sekutunya dalam mengatur strategi untuk mengusir ISIS dari wilayah-wilayah yang masih menjadi kekuasaan mereka di utara Suriah.

Berkaitan dengan hal ini, Dorian mengatakan bahwa “Saat ini Turki dan koalisi internasional telah menggelar pembicaraan diplomatik yang harus membuahkan kesepakatan terkait langkah yang akan datang terhadap kekuatan demokrasi Suriah dan mencegah konfrontasi bersenjata antara mereka dengan Turki serta harus menghindari bahaya-bahaya besar saat sekutu hendak menyerang ISIS dengan melakukan tindakan-tindakan di lapangan yang mendatangkan keuntungan”. (Baca: Akal Bulus Turki di Jarablus)

Ankara menganggap Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang merupakan tulang punggung kekuatan demokrasi Suriah sebagai organisasi teroris, dan Turki merasa takut YPG ini akan mendirikan pemerintahan sendiri diperbatasan Suriah dengan Turki. (VOAI)

Sumber: Salafynews.com

Related posts

Leave a Comment