Pejabat Israel: Peran Rusia di Suriah Sangat Mengganggu

avi-ditcher.jpg

Jum’at, 18 November 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, TEL AVIV – Seorang pejabat senior Israel mengatakan Tel Aviv harus lebih peduli terhadap masalah semakin renggangnya hubungan dengan Moskow akibat peran Rusia dalam konflik Suriah.

Avi Dichter, ketua urusan luar negeri dan komite militer Israel serta mantan kepala badan intelijen Shin Bet, mengatakan bahwa kepentingan Rusia di kawasan bertentangan dengan kepentingan Israel.

“Kesenjangan antara kami dan mereka lebar dan mengganggu,” katanya kepada kantor berita Reuters setelah kembali dari kunjungan ke Moskow di mana ia mengadakan pertemuan tingkat tinggi pekan lalu.

Dichter mengatakan pandangan Rusia terhadap Iran, Presiden Suriah Bashar al-Assad dan kelompok Hizbullah Lebanon adalah kontras dengan pandangan Israel dan itu merupakan sumber tumbuhnya potensi konflik.

Rusia tidak melihat Iran dan sekutunya “sesuai dengan tingkat ancaman yang mereka perlihatkan atau siarkan terhadap Israel,” katanya.

Rusia, katanya, “melihat Hizbullah secara positif” dan mendukung bantuan kelompok itu untuk pemerintah Suriah dalam perang melawan Takfiri dan teroris lainnya.

“Rusia berpikir dan bertindak sebagai negara adidaya dan karena itu sering mengabaikan kepentingan Israel ketika itu tidak bertepatan dengan kepentingan Rusia,” kata Dichter.

Selama ini Israel diyakini telah membantu militan untuk menggulingkan Presiden Assad di Suriah. Rezim Israel saat ini gelisah karena Takfiri teroris telah mengalami kemunduran besar selama beberapa bulan terakhir di Suriah.

Dengan keterlibatan Rusia yang lebih dalam atas konflik Suriah, Tel Aviv berupaya untuk menjaga jalur komunikasi dengan Moskow agar tetap terbuka demi menghindari konfrontasi.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengunjungi Presiden Vladimir Putin tiga kali tahun ini, tampaknya dalam upaya untuk membujuk Presiden Rusia itu menghindari keterlibatan lebih lanjut di Suriah. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment