Pemerintah Kuba Umumkan 9 Hari Berkabung Nasional untuk Fidel Castro

kuba-tetapkan-hari-berkabung

Senin, 28 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, HAVANA – Pemerintah Kuba telah menetapkan 9 hari berkabung nasional atas kematian pemimpin revolusi negara itu, Fidel Castro.

Pada hari Minggu (27/11), Warga Kuba turun ke jalan-jalan di ibukota, Havana, memegang bendera dan potret mendiang pemimpin revolusi mereka itu untuk menandai hari pertama berkabung nasional yang telah diumumkan oleh pemerintah.(Baca juga: Fidel Castro “Pemimpin Revolusi Kuba” Meninggal Dunia)

Para mahasisawa menyalakan lilin untuk menghormati Castro, yang memerintah negara Amerika Latin selama selama lima dekade sampai 2006, ketika ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya, Raul.

Castro meninggal pada hari Minggu pada usia 90 tahun. Tubuhnya dikremasi sesuai dengan kehendaknya dan abunya akan menjalani prosesi dengan dikelilingkan selama empat hari ke seluruh Kuba, sebelum dimakamkan di tenggara kota Santiago pada tanggal 4 Desember mendatang. (Baca juga: Putin, Assad Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Fidel Castro)

Sebuah aksi raksasa direncanakan akan dihelat di Havana Revolusi Square dan di kota selatan Santiago untuk menghormati mendiang pemimpin yang meninggal pada usia 90 tahun itu. Sedangkan di Universitas Havana, almamater Castro, para mahasiswa melambaikan bendera Kuba berukuran besar dan berteriak “Viva Fidel dan Raul Viva”. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment