Pemimpin Al-Nusra Tampil di Publik untuk Pertama Kalinya Pasca Pisah dari Al-Qaeda

joulani.jpg

Jum’at, 29 Juli 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, DAMASKUS – Kemarin, pemimpin kelompok Islam yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, ‘Jabhat Al-Nusra’ telah menunjukkan wajahnya ke hadapan publik untuk pertama kalinya. Meskipun Abu Muhammad Al-Joulani telah mencapai ketenaran sebagai pemimpin salah satu kelompok jihad yang paling kuat yang beroperasi di Suriah,namun ia tidak memperlihatkan wajahnya didepan umum hingga kemarin.

Sangat mungkin bahwa rilis fotonya merupakan bagian dari strategi ‘tebar pesona’ sebelum sebelum akhirnya sebagai mana isu yang beredar Al-Nusra memisahkan diri dari sayap internasional organisasi teroris Al-Qaeda. (Baca juga: BOCOR! Pangeran Waleed bin Talal Kunjungi Pimpinan ISIS di Rumah Sakit Mewah Saudi)

Beberapa pihak menyebut bahwa pengumuman resmi sudah dibuat melalui jaringan berita Al-Jazeera, sebelum dirilis kemarin. Namun demikian, langkah awal lainnya dalam hal ini telah dibuat, dengan pengumuman nama baru bagi Al-Nusra yaitu ‘Jabhat Fateh Al-Sham’, atau ‘Front Pembebasan Suriah’ sebuah merek baru yang mencerminkan keputusan untuk menjauh dari saran kegiatan jihad di luar Suriah.

Kelompok ini disebut-sebut akan mencari sekutu faksi-faksi ‘jihad’ lain di Suriah untuk menjadi lebih besar lagi. (Baca juga: UEA, Arab Saudi, Qatar Berusaha Selundupkan Senjata-senjata Tercanggih Barat Untuk Teroris Suriah)

Namun, diragukan bahwa lepasnya Al-Nusra dari Al-Qaeda ini akan mempengaruhi inti ideologi teror dari kelompok ini dan anggotanya, yang mana mereka telah banyak melakukan kejahatan perang termasuk pembantaian Zarah baru-baru ini. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment