Pengamat HAM: Ratusan Perwira Tinggi dan Komandan ISIS Kabur dari Raqqa

VOA-ISLAMNEWS.COM, RAQQA – Menurut Observatorium Hak Asasi Manusia (SOHR) yang terkait dengan oposisi Suriah, 300 perwira tinggi ISIS, komandan dan keluarga mereka telah melarikan diri dari kota Raqqa di tengah-tengah kemajuan tanpa hambatan dari Pasukan Demokratik Suriah yang didukung koalisi AS (SDF) .

Sebagaimana dikutip Al-Masdar pada Sabtu (11/03), para pelarian terpaksa menggunakan perahu-prahu untuk dapat menyeberangi sungai meninggalkan Raqqa karena serangan udara Koalisi telah menghancurkan semua jembatan di Sungai Eufrat di Suriah. Sementara sebuah detasemen pergi menuju Deir Ezzor, yang lain melarikan diri menuju pedesaan timur Hama di mana kelompok ini masih bisa relatif lebih stabil disana.

Karena para komandan tinggi mereka melarikan diri dari Raqqa, orang-orang syariah ISIS melobi pemuda setempat di masjid-masjid untuk mengangkat senjata untuk mempertahankan kota mereka dari “pemerkosa Amerika” dan “ateis Kurdi”. Di sisi lain, 230 milisi dan komandan lapangan telah tiba di kota dari pedesaan timur Aleppo dan Deir Ezzor untuk mendukung pertahanan.

Dprdiksi jumlah bala bantuan yang sangat kecil ini tidak mungkin bahwa akan mengubah gelombang pertempuran melawan pasukan SDF dipimpin YPG kecuali ribuan milisi didatangkan ke kota ituuntuk mengusir pasukan anti-teroris mendekati kota. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment