Pisah dari Al-Qaeda, Jabhat al-Nusra Resmi Ganti Nama Jadi Jabhat Fateh Al-Sham,

jabhat-al-nusra

Jum’at, 29 Juli 2016

VOA-ISLAMNEWS.COM, DAMASKUS – Dalam pidato yang dirilis sebelumnya kemarin, pemimpin Jabhat al-Nusra, Abu Muhammad Al-Joulani mengungkapkan bahwa kelompoknya akan memutuskan hubungan dengan Al-Qaeda dan mengganti namanya dengan ‘Jabhat Fateh Al-Sham’.

Didirikan pada tahun 2012 dan merekrut puluhan ribu pejuang, Jabhat Al-Nusra adalah salah satu kelompok pemberontak yang paling kuat di Suriah. Anehnya kepemimpinan Al-Qaeda dikabarkan telah menyetujui pemisahan diri, yang telah dikabarkan selama beberapa waktu sebelumnya tersebut. (Baca juga:Digempur Rusia, Teroris Al Nusra Minta Perlindungan dari PBB)

Al Masdar melaporkan pada Kamis (28/07) bahwa langkah ini tidak hanya dimaksudkan untuk membuat kelompok jihad ini jadi tampak lebih moderat, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa Jabhat Fateh Al-Sham tidak memiliki niat melakukan serangan di luar Suriah.

Dengan langkah ini, Abu Muhammad Al-Joulani sekarang berharap untuk menarik lebih banyak dukungan dari negara-negara asing, sesuatu yang sebelumnya terhambat oleh asosiasi kelompoknya dengan Al-Qaeda dan tudingan sebagai organisasi teroris oleh sebagian besar negara di seluruh dunia. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment