PM Irak: Tiada Peran Negara Manapun Dalam Pembebasan Mosul Termasuk Turki

pm-irak

Selasa, 25 Oktober 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, BAGHDAD – Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi sangat menolak klaim Turki yang menyebut tentaranya ikut berpartisipasi dalam operasi untuk membebaskan kota Mosul, dan mengatakan setiap campur tangan asing dalam urusan internal Irak adalah pelanggaran serius terhadap kedaulatan negaranya.

Penolakan al-Abadi ini datang sebagai reaksi terhadap pernyataan Perdana Menteri Turki Binali Yildrim di hari Minggu yang menyatakan bahwa unit artileri negaranya telah menghantam posisi militer ISIS dekat pangkalan militer Bashiqa di Niniwe atas permintaan pasukan Peshmerga Kurdi. (Baca juga: Irak Kembali Ingatkan Negara-negara Asing untuk Tidak Ikut Campur Dalam Pembebasan Mosul)

“Kehadiran pasukan Turki dalam operasi Mosul adalah tidak benar dan tidak berdasar,” kata Al-Abadi dalam pertemuan dengan rekan Swedia-nya pada hari Senin (24/10). Ia menggarisbawahi bahwa Irak tidak akan mengizinkan integritas teritorialnya dikompromikan dan tidak akan pernah membiarkan negara-negara lain untuk ikut campur dalam urusannya.

Dalam sambutannya yang relevan pada hari Minggu, Komando Operasi Gabungan Irak membantah tuduhan perdana menteri Turki bahwa tentara Turki berpartisipasi dalam operasi untuk merebut kembali kota Utara Mosul dari kelompok teroris ISIS. (VOAI)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment