PM Israel: Resolusi PBB Anti-Pemukiman Ilegal Gara-gara Obama

pm-israel

Rabu, 11 Januari 2017,

VOA-ISLAMNEWS.COM, TEL AVIV – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Selasa (10/11)bahwa Israel memiliki bukti kuat resolusi yang diadopsi Dewan Keamanan PBB baru-baru ini, yang mengecam pembangunan pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur adalah hasil dari upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Barack Obama.

“Kami memiliki bukti kuat bahwa resolusi Dewan Keamanan yang diloloskan PBB terhadap Israel dipimpin oleh pemerintahan [Obama]. Tidak ada pertanyaan apapun tentang itu,” kata Netanyahu pada pertemuan dengan delegasi dari Komite Urusan Publik Amerika Israel sebagaimana dikutip Sputnik, Rabu (11/01). (Baca juga: Israel Tak Terima PBB Setujui Resolusi Kutuk Pemukiman Ilegal)

Menurut Netanyahu, resolusi ini tidak hanya “reformulasi” dari posisi yang sebelumnya biasa dilakukan semua pemerintahan AS untuk mendukung tetapi merupakan “terobosan besar” dengan kebijakan AS mengenai konflik Israel-Palestina. (Baca juga: Hamas Sambut Gembira Resolusi PBB Tentang Pemukiman Ilegal Israel)

Pada tanggal 23 Desember 2016, Dewan Keamanan PBB memutuskan dengan suara 14-0, dan dengan abstainnya Amerika Serikat, yang meluluskan resolusi yang menyerukan Israel untuk segera dan sepenuhnya menghentikan semua kegiatan permukiman di ” wilayah pendudukan Palestina,” termasuk di Yerusalem Timur. Pemerintah Israel mengkritik resolusi ini dan menolak untuk mematuhi ketentuan-ketentuannya. (VOAI)
Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment