Presiden Rusia Janji akan Tingkatkan Dialog dengan Sekjen PBB yang Baru

putin-dan-sekjen-pbb

Jum’at, 25 November 2016,

VOA-ISLAMNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah berjanji untuk memiliki program yang sama dalam interaksi dengan Sekjen PBB yang akan segera menjabat, Antonio Guterres, sebagaiamana yang telah ia lakukan dengan sekjen PBB terdahulu, Ban Ki-moon.

Dalam pertemuan dengan Guterres pada hari Kamis (24/11), Putin mengatakan bahwa Rusia “selalu mendukung dan akan mendukung penguatan peran (PBB) dalam urusan internasional, dalam resolusi konflik, dalam perjuangan untuk hak asasi manusia.”

Presiden Rusia itu mengatakan ia akan menempatkan upaya dalam menjaga “dialog konstruktif yang sama” dengan Guterres sebagaimana telah dilakukan Rusia dengan Ban.

Guterres, mantan perdana menteri Portugal yang menjabat sebagai kepala pengungsi PBB, secara resmi akan memulai masa jabatannya di PBB pada tanggal 1 Januari.

Dalam pertemuan itu, Sekjen PBB yang akan segera menjabat tersebut mengatakan bahwa Rusia memainkan “peran penting tidak hanya dalam kerangka kerja PBB tetapi juga dalam semua aspek lain dari hubungan internasional,” menambahkan bahwa menjaga komunikasi yang baik dengan Moskow bisa menjamin kesuksesannya di posisi puncak PBB tersebut.

“Syarat mendasar bagi saya untuk menjadi berguna bagi masyarakat internasional adalah dengan saya memiliki hubungan yang konstruktif dengan negara seperti Federasi Rusia,” ungkap Guterres sebagaiamana dikutip dalam sebuah pernyataan yang dikueluarkan Kremlin.

Rusia mulai merasakan friksi dengan Ban di bulan-bulan terakhir masa jabatannya di PBB, ketika Moskow mengintensifkan kampanye militer terhadap kelompok teroris di Suriah utara.

Ban dan beberapa pemerintah Barat mengkritik pemboman Rusia di kota Aleppo, menuduh mereka melakukan kasus kejahatan perang.

Moskow telah membantah klaim itu dan memveto resolusi yang disusun oleh Perancis pada zona larangan terbang di atas Aleppo. (Voai)

Sumber: Arrahmahnews.com

Related posts

Leave a Comment